Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Mengenal Fungsi Dan Jenis Ban Motor Agar Aman Untuk Berkendara!

Mengenal Jenis -Jenis Ban


Halo Sobat Masbro7 apa kabar?Semoga kalian dalam keadaan sehat-sehat ya!

Kali ini Masbro7 Akan bahas mengenai 'Fungsi dan Jenis Ban serta Tips memilihnya'

                                                 Simak Penjelasan berikut ini sobat.

Masih banyak yang belum memahami peran ban pada kendaraan roda dua maupun empat. Apabila ditanya fungsi ban, jawaban utama yang terlintas tentu membantu mobil bergerak atau melaju. Ya, memang benar tetapi ada peran lain yang ban lakukan.

Ban motor tidak sekedar menggerakkan, namun memiliki peran penting didalam operasional sebuah kendaraan. Komponen ini juga berfungsi untuk menyangga beban berat pada kendaraan
Selain itu, adanya ban juga akan membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah.

Oleh karena itu kamu mesti paham fungsi ban sehingga lebih peduli dan mau menjaga kondisi ban agar selalu optimal.

1. Jenis Ban Sport (Semi Slick)


Jenis ban yang satu ini seringkali diaplikasikan untuk motor supersport. Dalam pemakaiannya, ban ini cenderung lebih cepat habis daipada ban normal pada umumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena  ban ini tipis dari buatan pabrikanya dibandingkan ban lainnya, sehingga terlihat lebih cepat habis. Jarak tempuhnya bisa mencapai 1000 mil atau 1.600 km.

Akan tetapi, untuk jalan umum, ban ini pun tidak direkomendasikan dikarenakan daya cengeramnya hanya akan efektif pada suhu tinggi atau saat suhu ban menjadi panas.

2. Jenis Ban Scooter


Ban ini digunakan untuk jenis motor scooter dimana ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan ban motor pada umumnya. Akan tetapi, dari sisi cengekeramannya, ban ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan ban cruiser. Penggunaannya bisa ditemui pada jenis motor matic.

3. Ban Sport Touring


Jenis ban motor sport touring cocok untuk digunakan berkendara jarak jauh dan melintasi jalanan dalam berbagai medan. Selain itu, ban ini juga lebih stabil dan tidak mudah cepat panas. Sehingga jauh lebih awet jika dibandingkan dengan ban motor semi slick. Jenis ban ini biasa digunakan oleh kendaraan ber-cc menengah ke atas.

4. Ban Tubeless

Ban tubeless sendiri sebenarnya merupakan jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam, usia pakai ban jenis ini jauh lebih awet dibandingkan ban biasa pada umumnya. Cocok untuk dipakai berkendara kemanapun, terlebih jika ingin berkendara jarak jauh dimana resiko ban bocor seringkali menjadi momok.

Ban tubeless dianggap cukup stabil untuk menempuh perjalanan dengan kecepatan tinggi, cocok untuk digunakan berkendara di musim penghujan.

5. Ban Offroad

Ban offroad yang secara visual sudah terlihat berbeda dengan jenis ban pada umumnya. Fungsi dari ban offroad ini adalah untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa. Seperti jalanan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lainnya.

Terbuat dari bahan dasar karet yang keras, ban ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Karena diperuntukkan menempuh jalanan yang bermedan sulit, jenis ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kurang jika untuk melewati jalanan aspal yang mulus.


Nah Kurang Lebihnya Seperti itu sobat Masbro7
Semoga bermanfaatnya Sobat Jangan Lupa Pantengin Terus Sosmed Masbro7 Untuk Dapetin Promo Menarik Disetiap Minggunya Boskuuhhh!
Sampai Jumpa Sobat





Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com