Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Tips ringan agar tarikan Yamaha Mio M3 lebih kenceng

Sebetulnya akselerasi Yamaha Mio M3 cukup lumayan jika dibanding dengan Yamaha Mio versi sebelumnya. Tapi performa standart Mio M3 masih dirasa kurang galak menurut sebagian pemilik skutik ini.
 Agar tarikan Mio M3 lebih responsif perlu dilakukan beberapa modifikasi, antara lain:

• Penggantian Roller

Cara mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengganti roller standart Mio M3 dengan roller milik Yamaha Xeon karburator, bisa merk original atau aftermarket.

Jika menggunakan roller aftermarket, bisa menggunakan merk LHK dengan pilihan berat 7, 8 ,9 dan 10 gram. Tapi disarankan cukup menggunakan yang 10 gram saja karena jika terlalu enteng justru akan mengorbankan top speednya.

Atau bisa juga dikombinasikan, yaitu menggunakan roller standar tiga buah dan yang 10 gram tiga buah. Hasilnya akselerasi motor lebih ringan tapi tidak mengorbankan top speednya.

• Penggantian per kampas kopling

Setelah penggantian roller, langkah berikutnya bisa dengan mengganti per kampas kopling dengan spesifikasi 1.000 atau 1.500 rpm. Part ini untuk menunjang akselerasi dan menghilangkan gejala ndredek/getar pada waktu buka gas dari posisi diam.

Spesifikasi kampas standart adalah 800 rpm, padahal pada rpm itu, pulley depan belum membuka untuk menggerakkan roda motor.

Jadi posisi kampas kopling tidak menempel dengan kuat pada mangkoknya. Tapi ada konsekuensi dari penggantian per tersebut, karena harus buka gas lebih besar untuk menggerakkan motor maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, terutama ketika buka gas dari posisi diam.

• Penggantian per CVT

Langkah selanjutnya dengan mengganti per CVT yang berfungsi mendorong pulley belakang untuk menggerakkan v-belt. Agar akselerasi Mio M3 lebih responsif, bisa menggunakan per CVT milik Honda Vario karena ukurannya lebih panjang.

Untuk spesifikasinya sama dengan per kampas kopling, bisa menggunakan yang 1.000 atau 1.500 rpm dengan Merk Kitaco dari Taiwan dengan harga yang terjangkau.

Demikian sedikit informasi tentang "Tips ringan agar tarikan Yamaha Mio M3 lebih kenceng". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel kami lainnya.
Semoga bermanfaat Terima kasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar