Cari Blog Ini

5 Langkah Menangani Mesin Motor Mati Karena Banjir



Halo Boskuhh Apa Kabar?Semoga Kalian Dalam Keadaan Baik Ya!

Kali Ini Masbro7 Akan Membahas Mengenai "Cara Mengangani Mesin Yang Mati Karena Banjir"
Hujan dan banjir yang semakin sering terjadi belakangan menyebabkan banyak kerugian, termasuk di antaranya bagi pengendara sepeda motor. Sering kali mesin motor mati saat dipaksa menerabas banjir atau genangan air.

Akibat hal tersebut, tak jarang motor mengalami kondisi mogok karena beberapa komponen terendam air sehingga mengalami kerusakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut beberapa solusi yang akan membantu menghidupkan motor saat mogok di tengah banjir

Ada 5 langkah yang harus diambil jika mesin motor mati saat menerabas banjir. Berikut langkah-langkahnya:


1.Jangan hidupkan mesin
   Ketika mesin motor mati setelah menerabas banjir, pengguna sepeda motor sangat tidak           disarankan untuk memaksa menyalakannya. Hal tersebut dikarenakan adanya potensi air         masuk ke dalam mesin yang bisa menyebabkan kerusakan komponen utama di ruang bakar


Selain itu, masalah-masalah seperti konsleting pada kelistrikan juga bisa muncul. Oleh              sebab itu, pengguna sepeda motor sebaiknya menepi ditempat yang aman dan melakukan      pengecekan terlebih dahulu pada beberapa komponen kelistrikan motor sebelum benar-          benar menyalakan mesin.

2.Cek selang indikator CVT
Untuk pengendara sepeda motor berjenis skuter matik (skutik), cara termudah melakukan      pengecekan apakah mesin motor kemasukan air adalah dengan melihat selang indikator            berwarna transparan yang terletak dibawah CVT


Cara untuk mengeluarkannya bisa dengan melepas selang tersebut, lalu parkirkan motor      dengan standard tengah (main stand) dan tekan bagian behel belakang motor kebawah        hingga posisi ban depan motor terangkat.
Namun untuk memastikannya, segera bawa motor ke bengkel terdekat untuk dilakukan          pemeriksaan secara menyeluruh.

3.Cek pengapian busi
Komponen lain yang perlu dilakukan pengecekan setelah motor melewati banjir adalah          busi. Karena ketika busi dalam keadaan basah, maka komponen yang satu ini tidak bisa        melakukan fungsinya untuk menghasilkan percikan api, yang dipakai untuk proses                pembakaran di ruang bakar.


4.Cek kondisi oli
Oli mesin juga menjadi salah satu komponen penting, yang tidak boleh luput dari                  pengecekan. Biasanya, ketika bagian dalam mesin sudah terkontaminasi air, maka oli            akan menjadi encer dan warnanya terlihat kecoklatan atau keabu-abuan seperti susu            (milky).

5.Cuci dan lumasi komponen motor
Motor yang menerabas banjir biasanya menjadi kotor sehingga rawan berkarat. Oleh            sebab itu, baiknya segera mencuci motor yang telah digunakan dan beri pelumas pada          bagian yang rawan berkarat, seperti standard samping dan tengah, footstep, serta kaki-        kaki Motor.


Demikian
5 langkah menangani mesin motor mati akibat  banjir.

Postingan Populer