Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Kamu Harus Tahu Jenis-Jenis Motor !

Jenis-Jenis Motor Yang Harus Kamu Ketahui

Halo Sobat Masbro7 Apa Kabar? Semoga Kalian Sehat-Sehat Ya!
Dipertemuan Kali Ini Masbro7 Akan Kasih Info Seputar Motor Ya Bosskuh,
Yuk Simak Artikel Berikut...

Ada banyak jenis motor yang beredar di pasaran Indonesia. Bukan rahasia umum lagi jika sepeda motor merupakan salah satu kendaraan dengan pengguna terbanyak.

Selain karena efektivitasnya yang bisa dibawa berkendara kemana saja dan compatible, harga motor juga umumnya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil.

Namun Tidak Sedikit Orang Yang Belum Tahu Jenis-Jenis Motor Yang Beredar Di Indonesia, Lantas, apa saja jenis-jenis motor apa saja yang ada di Indonesia?

Yuk Cari Simak Informasinya.

Jenis-Jenis Motor Diindonesia Yang Harus Kamu Ketahui!

  1. Jenis-Jenis Sepeda Motor di Indonesia

    1. 1.  Scooter
    2. 2. Sport Bike
    3. 3.  Sport Touring
    4. 4.  MotoCross
    5. 5.  Naked Bike
    6. 6. Dirt Bike (Motor Trail)
    7. 7.  ATV
    8. 8. Bebek

Jenis Sepeda Motor Diindonesia !

berikut ini 8 jenis motor yang paling sering ditemui di tanah air.

1. Scooter


Scooter (dalam bahasa sehari-hari juga disebut sebagai sepeda motor matik/sepeda motor matic) adalah kendaraan bermotor roda dua yang memiliki lantai di bagian dasarnya untuk diinjak oleh pengendara. Jika pada sepeda motor biasa mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah, maka scooter memiliki posisi mesin di belakang, bisa dibagian samping atau depan roda belakang, dengan posisi di bawah tempat duduk pengendara. Scooter biasanya memiliki ukuran roda yang kecil, di bawah 16 inci.

2. Sport Bike


Tipe sport adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekananan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

3. Sport Touring


Motor touring adalah jenis sepeda motor yang didesain untuk kenyamanan perjalanan jauh namun memiliki posisi mengemudi yang lebih netral dari cruiser.
Sepeda motor jenis sport touring menggabungkan desain motor touring dengan motor sport sehingga memiliki kenyamanan dan performa yang seimbang. Di Indonesia diawali oleh Honda Tiger 2000 pada tahun 1993.

4. Motocross (Enduro)


Motocross (enduro) termasuk salah satu jenis motor yang memiliki banyak peminat di pasaran Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa kata enduro sendiri diambil dari kata endurance, yang berarti daya tahan. Hal ini sesuai dengan tujuan riding motor ini, yaitu mengutamakan ketahanan baik ketahanan motor maupun bikers.

Penggunaan motor ini sering kali untuk menerjang rintangan ekstrim seperti jalanan berbatu, sungai, lumpur, melewati batang pohon, menuruni bukit hingga untuk perjalanan yang cukup jauh. Motor ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki ketahanan yang tinggi.

5. Naked Bike


Tipe ini adalah tipe sepeda motor berkopling dan memiliki jarak bodi dari tanah yang tinggi, sepeda motor tipe ini merupakan sepeda motor sport yang tidak menggunakan full fairing/tameng udara. Namun, desain bodi dan performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat. Tipe sepeda motor sport naked ini digunakan dalam keperluan sehari-hari dan dapat dikendarai pada medan berbatu/berkerikil. Namun, tidak off-road secara penuh.

6. Dirt Bike (Motor Trail)


Dirt Bike (Trail) adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat/Off Road. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dari tanah relatif tinggi. Sepeda Motor jenis ini tidak mengejar top speed, tetapi akselerasi. Sepeda Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena penggunaannya di medan berat.

7. ATV


Kendaraan segala medan (All Terrain Vehicle; ATV) adalah sebuah sepeda motor yang memiliki empat roda. ATV biasanya digunakan untuk pertanian atau rekreasi. Rodanya didesign sedikit besar dan tinggi. ATV ini terkenal dengan kendaraan yang bisa melalui segala medan. Orang kerap menyebut ATV dengan sebutan mobil mini atau mini traktor, mungkin karena bentuknya yang menyerupai traktor

ATV ini mudah di kemudikan dalam kondisi jalan basah, naik, atau turunan bukit. Dengan kekuatannya ATV bisa melewati medan medan yang tidak bisa dilewati sepeda motor biasa dan berkapasitas seperti mobil.


8. Bebek

Tipe ini adalah tipe sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas Silinder (CC) kecil. Namun ada pula yang menggunakan kopling untuk beberapa tipe bebek sport. Tipe sepeda motor ini yaitu model bodi yang bercorak dari jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Posisi pengendara untuk sepeda motor ini tegak. Contoh sepeda motor tipe ini tanpa kopling serta cc mesin yang standart.



Itulah tadi informasi sekilas mengenai jenis-jenis motor Dari Mabro7. Semoga adanya penjelasan ini bisa membantu Anda dalam memahami maupun  motor yang ingin Anda beli.



Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com