Cari Blog Ini

Cara Mudah Merawat Motor Matic


Halo Sobat Masbro7 Apa Kabar?Semoga Kalian Dalam Keadaan Sehat-Sehat ya!

Kali ini Masbro7 Akan Bahas Mengenai 
Yuk Simak Artikel Berikut Ini...

Di Indonesia, trend penggunaan motor matic memang sudah massif. Baik perempuan ataupun laki-laki sudah lazim menggunakan motor tersebut, hingga pangsa pasarnya pun mengalahkan motor bebek dan motor sport.

Sayangnya, banyak masyarakat kita hanya bisa untuk mengendarai motor vario matic saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matic. Motor baru ataupun bekas, nyatanya perlu perawatan untuk membuat kendaraan ini tetap awet. Tidak perlu disesali, nyatanya tidak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik.

Jadi apabila anda sebagai pengguna motor matic mungkin tips tentang cara merawat motor matic kali ini dapat dipraktekan di rumah agar mesin motor tetep awet dan tahan lama. Untuk itu mari langsung saja kita simak cara merawat motor matic.

1. Jangan Lupa Untuk Panaskan Motor Sehari Sekali


Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal.
Cara memanaskan motor matic yang baik Adalah dengan memanaskannya sekitar 5 - 10 menit saja.

2. Ganti oli secara berkala


Oli motor adalah pelumas mesin yang berfungsi untuk menghindari terjadinya gesekan antar suku cadang,untuk itu sebagai perawatan lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km.Pilihlah oli yang sesuai dengan motor Anda dan hindari untuk bergonta-ganti merk oli.

3.Check kondisi vanbelt dan roler


Van Belt atau biasa disingkat sebagai v-belt dan roller adalah bagian yang ada pada motor matic dan memiliki fungsi serupa dengan rantai, yakni sebagai pengantar daya pada mesin Anda.

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi. 

4. Hindari Kehabisan Bensin Saat Berkendara


Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sampai kehabisan bensin.
Kehabisan bensin saat sedang berkendara tentu bukanlah perkara yang menyenangkan. Selain dapat mengganggu perjalanan Anda, tangki bensin yang benar-benar kosong dapat merusak mesin lebih cepat, khususnya jika motor matic Anda berjenis injeksi.

5. Perawatan AKI


Seperti halnya oli, aki adalah komponen penting yang terdapat pada motor. Jika keduanya tidak terawat dengan baik atau tidak dicek secara rutin.

Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami Mati AKI. Jika hal demikian terjadi, tentu anda akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupakan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Oleh karena itu,  disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Cek Bagian Shockbreaker (Ganti Oli)


Kunci motor matic yang awet dan berumur panjang salah satunya terletak pada bagian shockbreaker.

Shockbreaker atau peredam hentakan merupakan komponen motor yang berfungsi untuk menjaga mesin dan pengendaranya tetap stabil dari adanya guncangan saat melawati jalan berlubang, jalan bergelombang, atau permukaan jalan lainnya yang tidak terlalu rata.

Biasanya oli shock akan diganti setiap 2 sampai 3 tahun sekali.

7. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat (Sesuai Kompresi)


Tips Dan Cara Merawat Motor Matic yang terakhir susah-susah gampang. Sebab, tak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran. oleh karenanya kita perlu untuk berhati- hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda


Motor matic biasanya menggunakan BBM jenis pertalite atau pertamax. Hindari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai yang biasa dijual di jalanan. Pasalnya, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai akan menyebabkan kerusakan pada mesin Anda. 

8. Servis rutin di bengkel


Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. disarankan service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.


Nah bagaimana tipsnya? cukup sederhana dan mudah bukan. Jika anda terus melakukan perawatan dengan baik maka motor matic yang anda miliki akan terjamin awetnya.

Postingan Populer