Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Kamu Punya Motor Tapi Jarang Dipakai? Ini Tips nya!!!

PUNYA MOTOR TAPI JARANG DIPAKAI? WAJIB LAKUKAN INI!!


Cara Bikin Motor yang Jarang Digunakan Selalu Siap Pakai


Sepeda Motor memang sudah menjadi moda transportasi andalan, khususnya bagi yang tinggal di kota-kota besar. Tapi, adapula yang memiliki sepeda motor hanya untuk koleksi atau sekadar hobi. Sehingga mengendarai motor hanya dilakukan untuk momen-momen tertentu saja: Ketika akhir pekan, sebulan, sekali, atau bahkan belum tentu.

Nah, bagi Anda yang masuk dalam golongan memiliki motor dan lebih lama di dalam garasi daripada di jalanan, ada baiknya melakukan sejumlah hal ini agar motor kesayangan enggak gampang rusak.
Berikut beberapa tips untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:
1. Rutin Memanasi Mesin Motor
Pemilik kendaraan meluangkan waktu untuk sekedar memanaskan mesin motor setiap hari. Jika tak sempat minimal 3 kali dalam seminggu. Kalau tidak sempat sendiri, bisa meminta asisten rumah tangga atau orang rumah untuk melakukan ini.  Sebab, aktivitas ini bisa meminimalisir potensi kerusakan pada komponen kiprok dan spul.
2. Hidupkan Pakai Kick Starter
Apabila sepeda motor masih memiliki fitur kick stater, ada baiknya menggunakan mekanisme itu untuk menghidupkan motor. Perlu jadi catatan, sebelum kunci dikontak ON, gunakanlah kick stater beberapa kali agar oli tersirkulasi.
Oli biasanya turun dan mengendap di dasar ruang mesin. kalau motor jarang dipakai. Ketika melakukan kick stater, sedikit oli akan melumasi bagian mesin terlebih dahulu.
3. Isi Penuh Tangki BBM
Bagi Anda yang membeli motor dan unitnya pasti dibiarkan lebih lama di garasi, pastikan mengisi tangki BBM-nya hingga penuh. Ini bertujuan agar komponen fuel pump tidak melemah dan tak menimbulkan korosi pada bagian dalam tangki.
4. Mencabut Aki
Langkah terakhir, pemilik kendaraan disarankan untuk mencabut baterai atau aki. Ini punya tujuan memperpanjang umur aki dan melindungi sistem kelistrikan yang lain.
Nah agar terhindar dari debu yang bisa masuk ke komponen vital, menyarankan kepada pemilik untuk menggunakan sarung khusus sepeda motor.


Itulah cara Merawat Motor Yang Jarang Dipakai. Gampang Bukan? Pastinya cara diatas sangatlah mudah ya. Selamat mencoba!!



Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar