Cari Blog Ini

Cara Merawat Motor Baru Agar Lebih Awet

Selamat Pagi,



      Nah Sobat Bikers ,motor kesayangan sudah sepatutnya dirawat dan dijaga sebaik mungkin. apalagi buat motor baru, jangan mentang-mentang motor baru sobat bisa seenaknya melakukan perawatan,Jangan dikata motor baru sparepart juga masih gress bakal awet dan perawatan motor baru jadi nggak dipikirin. Justru, motor baru bakal lebih awet dan tahan lama jika diperlakukan sebaik mungkin semenjak motor tersebut digunakan. Yuk simak apa saja perawatan yang harusnya kalian lakukan.


1.Rutin Ganti Oli

Ganti Oli Mesin Jangan Semprot Angin Kompresor, Ini Efeknya
   
    Mengganti oli motor sebenarnya hal yang nggak boleh dilewatkan setiap bulannya. Apalagi motor baru, adaptasi tiap komponen mesin yang saling terhubung menghasilkan kotoran yang harus dibuang. Sobat nggak mau kan kalo pompa oli mampet gara-gara gram besi komponen motor kalian?
     Nah, apabila komponen-komponen dalam mesin ini sering berkontak dengan udara yang mengandung air, maka karat pun akan cepat menyambangi motor kalian. Nggak percaya? Coba cek mesin motor kalian, pasti ada saluran hawa yang asalnya dari blok mesin menuju filter udara. Dengan kata lain penggantian oli adalah solusi perawatan yang cukup penting biar komponen dan mesin motor Sobat Bikers bisa awet.

2.Perawatan Sistem Rem Motor Baru
Tips Perawatan Rem Motor Setelah Hujan – Autos.id

   Sobat Bikers pasti sepakat kalo rem motor merupakan salah satu komponen penting yang harus dijaga kondisinya. Memang, kalo bagian ini luput dari pengawasan, resiko rem blong semakin besar. Oleh karena itu pemeriksaan rutin kondisi rem wajib dilakukan.

3.Cek Kondisi Mesin Motor Baru
Cara Mudah Cek Kondisi Oli Mesin pada Sepeda Motor

     Untuk mengetahui kondisi kendaraan bermotor biasanya para mekanik melakukan pemeriksaan kondisi mesin alias tune-up bagi motor kesayangan kalian. Apa saja yang akan diperiksa oleh mekanik dalam proses tune-up ini? Simak daftarnya berikut :

  • Tune-up bulanan akan mengecek kondisi ban motor, baik itu tekanan maupun kondisi kembangan ban.
  • Servis ini juga termasuk pengecekan rantai motor. Mekanik akan memastikan bahwa tegangan rantai dalam kondisi yang prima.
  • Tune-up biasanya mekanik melakukan pembersihan area karburator dan radiator. Area lain yang bisa turut dibersihkan adalah saringan udara. 
  • Pengecekan pada alat Engine Control Unit atau ECU dan CVT (untuk matic). 
  • Mekanik juga memastikan kondisi lampu motor (depan – belakang), lampu sign, dan bunyi klakson.
4.Penggantian Sparepart
Waktu Terbaik Untuk Ganti Sparepart Motor #SalamSatuAspal

     Selain oli yang harus diganti tiap bulan, beberapa sparepart memang ditakdirkan nggak berusia lama, seperti roller dan V-belt.

Nah Sobat Bikers, sudah tahu tahu kan perawatan apa saja yang harus kalian terapkan pada motor yang baru dibeli? Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan ya supaya motor baru kalian awet dan terjaga kondisinya!

Postingan Populer