Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Motor Tiba-Tiba Mogok? Ini Solusinya

Motor Tiba-Tiba Mogok, Apa yang Harus Dilakukan?



Sepeda motor merupakan pilihan sarana transportasi yang lumrah bagi mereka yang ingin cepat bergerak serta meningkatkan mobilitas, tanpa merogoh kocek terlalu dalam.
Tingginya kemacetan, terutama di kota-kota besar di Indonesia, membuat sepeda motor khususnya motor matic menjadi primadona, karena selain memiliki mobilitas tinggi, juga lebih mudah untuk dikendarai.
Meski mudah digunakan, sepeda motor juga memiliki perawatan khusus untuk mencegah kerusakan dan mogok saat berkendara. Berbagai tanda-tanda kerusakan yang kadang terabaikan, dapat membuat sepeda motor terlanjur mogok di tengah jalan.
Jika sudah terlanjur mogok, jangan panik! Ada beberapa hal yang bisa langsung cari tahu untuk menemukan sumber masalahnya. Simak di bawah ini ya!

 ➧ Periksa Kondisi Bahan Bakar

Hasil gambar untuk kondisi bahan bakar motor

Tanpa bahan bakar, sepeda motor tidak dapat dinyalakan. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan untuk menghindari mogok adalah dengan mengecek kondisi bahan bakar. Klep yang tersumbat oleh timbal akan menyebabkan sepeda motor mogok, Bro, jadi sebaiknya gunakan bahan bakar dengan kadar oktan diatas 92.
Bahan bakar dengan kadar oktan tinggi, enggak hanya lebih baik dalam mencegah motor mogok, namun membuat tarikan kendaraan menjadi lebih mulus karena ruang bakar kendaraan yang lebih bersih dan tidak penuh dengan kotoran.

 ➧ Cek Kondisi Busi

Hasil gambar untuk busi motor

Meski berukuran kecil, busi termasuk salah satu bagian yang penting pada motor lho. Pada umumnya, penyebab mogoknya sepeda motor, dikarenakan kondisi busi yang kotor. Kondisi busi yang kotor, bisa menyebabkan korsleting dan membuatnya cepat mati.
Pemasangan busi juga berpengaruh terhadap ketahanan busi. Umumnya, busi bisa dipakai hingga mencapai enam ribu kilometer, tetapi tidak menutup kemungkinan jika busi rusak lebih cepat karena pemasangannya yang kurang tepat atau longgar. Jadi, lebih baik sering-sering mengecek kebersihan busi agar motor tidak mogok tiba-tiba di jalan ya.

 ➧ Memastikan Kondisi Filter Udara

Hasil gambar untuk filter udara motor

Pengapian juga membutuhkan udara dalam proses pembakaran, sehingga, jika kondisi filter udaranya kotor, udara yang masuk menjadi tidak maksimal. Nah, hal ini juga membuat motor mogok. Selain menjaga kondisi filter udara agar tetap bersih, juga harus menjaga jangan sampai filter yang tadinya berfungsi sebagai penyaring, dibiarkan sampai terendam air dan terlalu kotor.
Lalu, bagaimana caranya kita tahu jika filter sedang bermasalah? Filter bermasalah biasanya ditandai dengan saat sepeda motor mampu untuk dinyalakan, akan tetapi kalau di gas tidak akan jalan. Nah lho, bingung banget kan? Tenang, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan filter tersebut.

 ➧ Segera Cek Keadaan Aki

Hasil gambar untuk cek aki motor motor

Motor bisa mati total merupakan imbas dari arus listrik ke ECU beserta fuel pump yang drop dikarenakan tekornya aki motor. Untuk mengecek aki saat mogok, bisa lihat pada speedometer atau dengan menyalakan lampu sein. Namun, jika lampu tersebut mati, bisa dipastikan aki motor akan segera habis. Pengecekan yang lebih akurat bisa dilakukan dengan meletakkan volt meter di jok.
Apabila hasilnya menunjukkan di bawah angka 12.4 volt, artinya aki sudah mengalami penurunan daya. Cara terbaik untuk mengatasi mogok karena aki drop adalah menggantinya dengan yang baru. Tetapi, jika dalam kondisi mendesak, bisa jumper dengan bantuan aki pada motor lain dengan menghubungkan kutub yang sama pada aki melalui dua buah kabel jumper.

 ➧ Pantau Suhu Mesin


Hasil gambar untuk cek suhu mesin motor motor

Untuk tips motor mogok yang satu ini, penting banget untuk diperhatikan nih. Saat mesin motor mengalami suhu terlalu tinggi melebihi keadaan normalnya atau bisa disebut overheat, hal ini juga dapat menyebabkan kemogokan. Ciri-ciri yang paling bisa di lihat jika motor mengalami overheat adalah motor tidak jalan saat di gas. Cara mengatasi mesin yang sedang mengalami overheat? Mudah-mudah sulit. Cukup matikan mesin motor hingga suhunya kembali normal. Saat overheat, sebaiknya motor tidak dipaksa jalan atau langsung ditambah cairan radiator coolant untuk mempercepat proses pendinginannya.

Untuk menghindari kemogokan, sebagai pengendara yang baik, tentunya tidak boleh lupa untuk mengecek kondisi sepeda motor.
Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat :)


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar