Cari Blog Ini

Kamu Harus Tahu, Ini Penyebab Starter Motor Mati dan Cara Mengatasi

PENYEBAB STARTER MOTOR MATI DAN CARA MENGATASI



Penyebab Starter Motor Mati - Salah satu komponen pendukung mesin yaitu sistem starter. Walaupun sebagai pendukung, kerusakan pada starter tentunya akan membuat repot para pengendaranya. Nah, kali akan dibahas tentang penyebab dan cara mudah memperbaiki motor starter yang mati. Alasan mengapa motor starter merupakan komponen pendukung penting yaitu karena sistem starter akan membantu mesin agar hidup diwaktu awal. Dalam menghidupkan mesin perlu adanya putaran pada poros engkolnya. Dan tugas tersebut diemban oleh sistem starter.

Penyebab Starter Pada Motor Mati
Kadang kala, pengendara cuma melihat kerusakan pada sistem starter dari motor saja. Namun, sebetulnya masalah pada motor yang mati dapat terjadi karena beberapa hal ini :
 ➭ Fuse atau Sekering Putus

Hasil gambar untuk fuse atau sekring motor putus

Fuse / sekering tugasnya sebagai pengaman rangkaian arus listrik. Fuse bekerja memanfaatkan pada kawat tipis yang dapat terbutus apabila dialiro listrik dengan menggunakan besaran tertentu.

Biasanya fuse starter sekitar 20 Amps ketika ada aliran listrik lebih dari 20 ampere sehingga mengakibatkan fuse bakal terputus. Maksudnya jangan langsung untuk mengganti fuse tersebut, dikarenakan gejala fuse putus dapat memperlihatkan bahwa adanya short / konsleting pada rangkaian starter itu.
 ➭ Kabel Starter Terbakar

Hasil gambar untuk kabel starter motor terbakar

Selain karena fuse yang terputus, masalah lain yang menyebabkan starter motor mati juga karena terjadi konsleting, sehingga imbasnya kabel starter bakalan terbakar. Mulanya sekering putus, selanjutnya pengendara harus mengganti fuse itu dengan yang baru, tetapi dalam jangka sedetik kemudian akan langsung putus lagi.
Umumnya letak terbakarnya kabel ada di area yang mengalami short, tetapi seringnya terbakarnya kabel tak terjadi ketika pengendara langsung memperbaiki fuse yang terputus tersebut.
Koneksi yang tidak kencang juga akan berdampak terjadinya kabel menjadi gosong (pada konektor starter). Hal tersebut disebabkan baut kabel starter kurang kencang, jadinya electron meloncati area yang tidak kencang tersebut.
 ➭ Baterai Habis

Hasil gambar untuk baterai starter motor habis

Masalah pada baterai yang kekurangan voltage akan berdampak mobil tidak dapat distarter. Walau lampu motor masih menyala, umumnya baterai pada tegangan dibawah 8 volt sudah tidak lagi untuk menjalankan starter.
Memutar starter mesin diperlukan daya yang tinggi. Daaya baterai disalurkan melalui tegangan sebesar 12 volt tetapi ketika penyalurnya lebih kecil, sehingga daya yang terhantar pun juga kecil. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti baterai / pengisian ulang jika hal tersebut memungkinkan.
 ➭ Kerusakan Pada Bandig / Relay Starter

Hasil gambar untuk kerusakan pada bandig motor atau relay starter

Kegunaan relay dengan label bandig sebetulnya sama dengan relay biasanya namun bandig yang dirancang khusus menggunakn plat lebih besar disebabkan daya listrik yang disalurkan nanti juga besar.
Apabila solenoid pada bandig tersebut macet / terputus atau ketika plat didalam bandig tersebut rusak, jadi akan mengakibatkan tidak dapat disalurkan ke motor starter.
Umumnya ketika ada suara cetekan ketika starter menyala. Itu merupakan suara plat bandig yang bersambungan. Apabila tidak ada suara tersebut sewaktu proses start sehingga dapat dipastikan kondisi bandig mengalami kerusakan.
 ➭ Kerusakan Pada Coil Starter

Hasil gambar untuk kerusakan pada coil motor

Ada dua komparan dalam starter yaitu kumutator dan arkature coil. Keduanya sama menghasilkan kemagetan yang setelahnya dirangkai supaya menjadi energi putar.
Namun, siapa mengira apabila kumparan tersebut berpotensi mengalami kerusakan. Langkah perbaikannya umumnya dapat dilakukan oleh tukang dinamo, tetapi apabila mengalami kerusakan yang cukup parah atau terlihat bekas terbakar sehingga harus segera diganti.

Bagaimana Cara Mendeteksi Letak Kerusakan Starter ?
1. Pastikan kondisi kelistrikan pada kendaraan tersebut aman, dengan melakukan pengujian menggunakan bantuan multetester.
2. Periksalah rangakaian starter dari power suplai sampai beban pada rangkaian kontrol starter memakai multitester.
3. Apabila tidak ada masalah kemudian berlanjut pada pemeriksaan solenoid starter. Pastikan apa ada bunyi cetekan ketika start dinyalakan.

Apabila tidak ada bunyi, akan ada dua kemungkinan arus tidak sampai pada sokenoid ataupun solenoid mengalami kerusakan. Namun. Jika ada bunyi tersebut, juga ada dua kemungkinan yakni arus tidak bisa menyalur ke kumparan starter ataupun kumparan starter tersebut terkena masalah. Pada pemeriksaan yang terakhir harus dikerjakan dengan pembongkaran agar lebih memastikan.


Itulah penjelasan mengenai penyebab starter motor mati dan cara mudah memperbaikinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat:)

Postingan Populer