Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Empat Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Ban yang terpasang pada pelek menjadi hal yang paling vital pada sebuah kendaraan. Sebab, komponen inilah yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan (aspal) .

Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal apabila lalai sesuatu yang fatal dan tak diinginkan kemungkinan akan dapat menimpa Anda.

Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar ban motor tetap awet



1. Perhatikan Tekanan Angin
Poin dasar yang tak boleh kamu sepelekan adalah memastikan kendaraan kamu memiliki tekanan yang tepat alias pas sesuai rekomendasi.

Pada dasarnya, tekanan angin pada ban tidak boleh kelebihan atau kekurangan. Ban yang yang kekurangan angin tentu saja akan membuat strukur ban tersebut mudah rusak. Sedangkan bila kelebihan angin, tapak ban terhadap permukaan jalan tidak maksimal

2. Hindari Jalanan Berlubang
Sering terjadi akibat menghajar jalan berlubang dinding ban bisa rusak dan menyebabkan ban benjol. Kalau sudah seperti itu kita harus segera ganti ban motor yang rusak

3. Rajin Bersihkan Kerikil Ban
Jangan anggap kerikil yang terselip si sela-sela ruas ban itu tak akan menimbulkan masalah. Justru hal ini yang menjadi salah satu penyebab ban bocor. Jika dibiarkan secara terus menerus nantinya kerikil-kerikil tersebut dengan sendirinya akan tertanam di ban kendaraan.

4. Gunakan Ban Berkualitas Baik
Jangan tergiur dengan harga ban yang murah. Tidak ada salahnya mengeluarkan kocek yang lebih tinggi, tapi kualitasnya terjamin. Selalu gunakan ban bermutu baik. Pintar-pintarlah memilih kualitas ban.

Sebelum membeli ban, perhatikan pula kondisi fisik dari karetnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kode produksi agar ban yang dibeli belum rusak karena umur.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kalian coba dirumah, semoga bermanfaat terimakasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar