Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

5 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan yang Bisa Kamu Terapkan

Bulan ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Pastinya akan banyak persiapan yang akan kamu lakukan untuk mengantisipasi kehujanan. Baik berkendara ataupun jalan kaki. Terlebih jika kamu bepergian dengan kendaraan motor, pastinya akan banyak hal yang harus kamu tahu supaya motormu bisa dalam keadaan baik saat musim hujan dan tentunya akan tahan lama.
Nah, berikut ini tips merawat motor di musim hujan yang bisa kamu coba agar motormu bisa tahan lama dan masih dalam kondisi baik entah mesin ataupun tampilannya.

1. Segera mencuci motor
Bisa nih kamu coba setelah sampai rumah usahakan mencuci motormu yang terkena hujan dengan menggunakan air bersih ataupun air tawar. Hal ini dikarenakan air hujan mengandung asam dan kandungan asam ini dapat mempercepat korosi pada bagian-bagian motor. Terlebih akan mengakibatkan motormu memiliki masa usia motor yang pendek. Jadi jangan membiarkan motormu setelah kehujanan ya.

2. Bersihkan kelistrikan motor
Ketika hujan membasahi motormu, maka cobalah membersihkan kelistrikan pada motor. Jadi ketika ada endapan air, segeralah untuk dikeringkan. Jangan sampai airnya meresap dan masuk di sela-sela. Hal ini bisa mengganggu kelistrikan pada motormu. Cek kabel-kabel pada motor jangan biarkan ada yang mengelupas apalagi terkena air. Jika dibiarkan dapat menyebabkan konslet sehingga mengganggu kelistrikan motor.

3. Selalu mengecek rantai motor
Jika motormu terkena air hujan baik langsung maupun dari genangan air. Cobalah selalu mengecek kondisi rantai motormu. Karena air hujan mengandung asam sehingga mempersepat korosi salah satunya besi dan bisa mempengaruhi kinerja rantai motor. Setelah motor di cuci bersih, bisa nih diberi pelumas. Fungsinya adalah menfleksibelkan tingkat kekakuan pada rantai motor.

4. Periksa kanvas rem
Setelah motormu melewati banjir dan kubangan, seringlah untuk mengecek kanvas rem terutama bagian cakram. Karena cakram letaknya terbuka jadi pasti akan banyak kotoran dari serpihan musim hujan di jalan. Dan hal ini dapat mempengaruhi kinerja pada rem.

5. Sering memeriksa tekanan ban motor
Bagi kamu yang sering melewati area banjir seringlah untuk mengecek tekanan ban. Hal ini dikarenakan katika kalian melewati jalanan banjir, ban kalian akan bekerja lebih berat. Bekerja lebih keras dari sebelumnya, dan ini mempengaruhi performa dari ban kalian. Jadi usahakan ban kalian selalu dalam kondisi tekanan angin yang cukup.

Gimana guys, sudah tahukan bagaimana cara membersihkan motor ketika kehujanan. Hal ini sangat berguna untuk kepentingan ketahanan motormu lho. Terimakasih banyak sudah mau mampir di artikel kami dan semoga bermanfaat.




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar