Cari Blog Ini

Cara Merawat Motor Bebek Agar Awet (Injeksi & Karburator)

Cara Merawat Motor Bebek motor bebek adalah sepeda motor kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari pipa berdiameter besar. Meskipun posisi tangki bahan bakar dan penahan percikan air pada motor bebek membuatnya mirip dengan skuter tetapi roda, posisi mesin dan transmisi lebih mirip dengan desain sepeda motor konvensional. Walaupun terdapat perbedaan dasar dalam desain, terkadang motor bebek dipasarkan sebagai skuter di luar negeri.
Keberadaan motor bebek sangat terkenal diseluruh dunia, terutama Asia Tenggara. Namun sekarang banyak orang yang beralih menggunakan motor matic seperti Honda Beat, Vario, Scoopy, dan kawan-kawan. Meskipun begitu, motor bebek tetap eksis di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya motor bebek baru seperti Honda Supra GTR & Yamaha Jupiter MX King.
Alasan banyak orang masih memiliki motor bebek dibanding motor matic adalah karena memiliki keunggulan bahan bakar, suku cadang terbilang mudah ditemukan, serta memiliki harga yang lebih murah dibandingkan motor matic.
Sangat penting bagi pemilik motor bebek untuk merawat motor miliknya. Namun sayangnya banyak orang yang belum tahu bagaimana cara merawat motor bebek injeksi ataupun yang masuk karburator. Oleh karena itulah kami akan memberitahukan cara merawat motor bebek yang benar agar awet.

1. Mengecek Kondisi Oli
5 Ciri Oli Mesin Sepeda Motor Harus Segera Diganti - AutoExpose
Melakukan pengecekan oli adalah cara wajib dilakukan oleh pengendara, karena oli adalah cairan pelumas untuk mesin kendaraan kalian. Jadi, jika oli pada motor habis karena tidak pernah mengecek oli maka komponen-komponen mesin yang lain ikut bermasalah.
Cara merawat motor bebek dengan mengecek kondisi oli ini memiliki tujuan mengetahui apakah oli sudah mulai habis atau melihat kondisi oli masih bagus atau tidak. Jika kalian mengecek kondisi oli, lalu kondisi oli berwarna kehitaman serta kurang kental sebaiknya segera ganti oli. Tanda dari oli berwarna kehitaman menggambarkan, bahwa fungsi oli mengelapisi komponen dari gesekan mesin serta berfungsi untuk meredakan panas sudah tidak berfungsi lagi.

2. Mengecek Kondisi Aki
Cara Mudah Cek Kondisi Aki Motor, Dipegang Juga Bisa Ketahuan
Cara kedua merawat motor bebek adalah mengeck kondisi aki. Cara mengecek kondisi aki, kalian dapat melihat indikator pembatas air aki dan apabila jumlahnya menurun maka dapat dikatakan motor kalian terjadi permasalahan pada kelistrikan. Usia aki pada motor adalah 2 tahun, untuk itu setelah aki motor kalian sudah melebihi batas penggunaan sebaiknya ganti air aki motor. Jika akan mengganti aki, sebaiknya sesuaikan dengan jenis aki sebelumnya agar tidak ada lagi permasalahan yang terjadi pada aki.

3. Mengecek Kondisi Rantai dan Roda Gigi
Rantai Motor Anda Bunyi ? Cek 3 Hal Ini
Rantai dan roda gigi merupakan komponen penggerak motor bebek, hal tersebut yang menjadi pembeda dengan motor matic. Untuk mencegah terjadinya permasalahan pada rantai serta roda gigi, sebaiknya melakukan perawatan atau rajin mengecek bagian rantai apakah terdapat kelonggaran serta bagian yang bolong.

4. Melakukan Service Berkala
Ini 21 Item Checklist Service Motor - Tribun Jambi
Cara yang efektif untuk merawat motor adalah melakukan service secara berkala. Cara ini sangat efesien, kalian hanya membutuhkan waktu untuk menunggu service. Datanglah pada tempat service yang sesuai dengan type motor kalian, contohnya motor kalian honda pergilah ke bengkel .
Melakukan service secara berkala motor sebaiknya 3 bulan sekali, tanpa menunggu kendaraan kalian mengalami keluhan-keluhan. Jika kalian sedang melakukan service, pastikan keluhan-keluhan motor kalian tersamapaikan oleh pegawai bengkel motor.

5. Merawat Filter Kaburator
Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Sesuai Jenisnya ...
Filter kaburator adalah bagian yang penting dari sepeda motor bebek. Cara kerja filter kaburator berfungsi dalam sistem pengabutan, yakni proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder pada mesin motor. Komponen filter kaburator ini harus terjaga dengan baik agar mesin motor bebek dapat berfungsi kembali dengan normal.

Motor bebek memiliki filter kaburator dengan dua jenis, yaitu basah dan kering. Cara untuk membersihkan filter kaburator basah yaitu dengan oli dan bensin. Sedangkan, untuk membersihkan filter kaburator kering menggunakan kompresor angin. Untuk itu, rawatlah filter kaburator kalian sesuai dengan jenisnya. Filter kaburator akan cepat rusak untuk itu rajin-rajinlah memperhatikannya.

6. Memperhatikan Selang Bensin
Menambah irit dan tenaga dengan tabung induksi ala YEIS tapi pada ...
Sala satu komponen penting untuk merawat motor bebek adalah dengan memperhatikan selang bensin pada motor. Fungsi selang motor yaitu mengarahkan bensin ke dalam karburator. Untuk itu, kondisi selang bensin harus dijaga dengan baik. Perhatikan kondisi selang apakah terlalu lentur atau terlalu keras. Selang bensin yang bagus, sebaiknya tidak terlalu lentur serta tidak terlalu keras.

7. Memperhatikan Busi
Awas Rusak, Begini Cara Kencangkan Busi Sepeda Motor
Busi merupakan komponen penting bagi kendaraan motor bebek. Untuk mengatasi motor mendadak bermasalah seperti mogok, sebaiknya kalian saat berkendara membawa cadangan busi. Membawa cadangan busi terlebih untuk motor di atas 2 tahun, karena jika sudah 2 tahun ke atas kondisi busi sudah tidak prima lagi. Kondisi busi yang sudah tidak prima, tentunya akan merepotkan kalian saat perjalanan maka dari itu membawa cadangan busi. Performa motor yang jos akan berpengaruh juga pada busi yang sehat.

8. Memperhatikan Ban Motor
Musim Hujan, Biker Wajib Perhatikan Kembangan Ban Motor
Cara yang lain merawat motor bebek adalah memperhatikan ban motor serta angin pada ban tersebut. Jika kalian memiliki alat ukur tekanan udara, ukuran yang pas untuk ban motor adalah 26 psi lebih baik ban kalian di isi dengan nitrogen bukan dengan angin biasa ya bro agar kondisi ban menjadi lebih nyaman pemakaian.
Bagi kalian yang suka bepergian jauh, sebaiknya ganti ban dengan ban tublless karena ban tublless memiliki performa yang lebih baik dibandingkan ban lainnya.

9. Mengecek Kelistrikan Motor
Begini Cara Mengecek Kelayakan Kabel Kelistrikan di Motor ...
Sumber dari kelistrikan motor berasal dari aki. Pada kelistrikan, motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik dari aki sebagai sumber energi. Hal tersebut dikarenakan kerja injektor harus terhubung dengan saluran listrik yang stabil. Untuk memudahkan perawatan sepeda motor bebek pilihlah aki kering agar mudah perawatan.

10. Memanaskan Motor Setiap Hari dan Setiap Pagi
Jangan Panaskan Motor di Dalam Ruangan
Mungkin cara ini dianggap paling mudah dan paling sepele, namun jika cara ini tidak pernah dilakukan akan merusak komponen mesin motor bebek kalian. Sebaiknya, sebelum kalian melakukan aktivitas serta sebelum berkendara lakukan pemasanan motor telebih dahulu kurang lebih 2-5 menit.
Tujuan dari memanaskan motor adalah meningkatkan suhu mesin, sehingga motor tidak mengalami perubahan suhu yang mendadak. Perubahan suhu secara berkala akan memberikan persiapan pada komponen-komponen mesin lainnya untuk memulai kinerja agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Postingan Populer