Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Cara Memperbaiki Regulator Kiprok Rusak

regulator kiprok adalah sebuat alat yang terdapat pada sepeda motor yang bertugas sebagai pensetabil tengangan listrik pada sepeda motor tersebut, fungsi dari Regulator Kiprok tersebut adalah merubah arus AC dari coil sepeda motor tersebut menjadi Arus DC lalu arus DC dialirkan ke baterai AKI agar Baterai selalu dalam keadaan terisi jika sepeda motor di hidupkan.
4 Gejala Kiprok Motor Rusak + Cara Ampuh Memperbaikinya - AutoExpose
Cara Mengetahui Kerusakan umum Regulator Kiprok

  1. Kerusakan Regulator Kiprok sering terjadi adalah panas berlebihan pada Regulator Kiprok tersebut apabila mesin sepeda motor di hidupkan. 
  2. Jika Baterai Aki sepeda motor sering mati alias jebol, padahal baterai Aki tersebut masih dalam keadaan baru itu artinya Regulator Kiprok sudah rusak, Karna mengalami kebocoran arus AC melewati qutput DC. 
  3. Jika Keadaan baterai Aki masih baru namun sering kali mengecas batrai tersebut dan baterai tersebut tekor kembali, pada saat menjalankan sepeda motor tersebut beberapa kilo meter kemudian. jika mengelami demikian artinya Regulator Kiprok Sudah mati total.

Nah, 3 poin diatas adalah kerusakan umum yang sering terjadi pada Regulator Kiprok sepeda motor.

Sebenarnya didalam Regulator Kiprok tersebut terdapat sususan komponen elektronik, terdiri dari Transistor, Resistor, Diode, Kapasitor kemudian komponen tersebut di susun dirakit dan diberi pendingin sehingga menjadi sebuat alat yaitu Regulator Kiprok sepeda motor.
Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor Dengan Cepat - Oto Site
Gambar diatas adalah gambar Regulator Kiprok sepeda motor MIO yang rusak, kemudian bongkar lem siliconnya.

Kenapa di bongkar ? Karna baterai Aki sepeda motor sering kali tekor, biasanya mengecas baterainya menggunakan alat pengecas baterai AKI.

Kerusakan Regulator Kiprok pada sepeda motor adalah salah satu PIN konektor telepas dan gosong dipangkal pin konektornya

Pin yang rusak tersebut menyatu pada komponen Regulator Kiprok itu sendiri, sehingga baterai aki tidak mendapat suplay teganggan DC dari Regulator Kiprok Tersebut, sehingga baterai menjadi tekor.

Kemudian, pin konektor yang terlepas disambungkan kembali menggunakan Solder listrik. Untuk menyambungkan kaki pin yang putus tersebut harus membongkar lem SILIKON Regulator Kiprok dari cangkang kiprop,

Fungsi Lem SILIKON pada Regulator Kiprok tersebut adalah sebagai pelindung dari AIR komponen yang terdapat pada Regulator Kiprok itu.

Cara Memperbaiki

  1. Bongkar silikon koprok dengan obeng minus
  2. Congkel silkon secara perlahan-lahan alias hati jangan sempat komponen ikut tercongkel
  3. Jika sudah, silakan cari komponen yang rusak tersebut dengan multitester
  4. Ganti komponen yang rusak


Kesimpulannya

Nah, Didalam Regulator Kiprok sepeda motor tersebut  terdapat komponen – komponen yang mudah di ganti dan di  temukan satu persatu di pasaran. Artinya bahwa : Regulator Kiprok tersebut bisa di perbaiki tampa harus membeli Regulator Kiprok yang baru yang tergolong mahal juga,….

demikian dulu artikel yang satu ini Cara Memperbaiki Regulator KIPROK sepeda motor Meo Soul yang rusak semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang.

selamat mencoba (:




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar