Cari Blog Ini

Tips Membeli Motor Honda Second

6 TIPS MEMBELI MOTOR HONDA SECOND




Motor bekas menjadi opsi banyak orang ketika ingin membeli memiliki kendaraan. Harga jual motor yang cukup tinggi menjadi alasan sebagian orang lebih memilih motor bekas. Namun, apakah harga murah akan menjamin kondisi motor? Memang bisa dikatakan bahwa motor keluaran Honda memiliki purna jual yang baik. Pabrikan asal Jepang ini masih memiliki harga yang bersaing lantaran produk second dari Honda memiliki kualitas yang baik.

Namun, tetap saja ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli motor bekas. Pasalnya, ada beberapa motor yang dijual dengan keadaan yang tidak benar-benar prima.
Berikut ini tips membeli motor bekas yang bisa Anda lakukan:
 1. Tentukan Motor yang Akan Dibeli
Menentukan jenis motor sebelum membeli adalah hal yang wajib Anda lakukan. Motor Honda sendiri terdiri dalam banyak varian, mulai dari Honda Vario, Honda Beat, Honda CBR, dan lain sebagainya. Pastikan Anda tahu motor mana yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mengetahui jenis motor akan membantu Anda menentukan patokan harga beli sesuai dengan pasaran.
 2. Mengetahui Harga Pasaran
Sering kali terjadi pada pembeli yang membeli motor bekas mengalami overprice, alias harga yang kendaraan terlanjur lebih mahal dibandingkan dengan jenis dan kualitas kendaraan. Sebelum membeli, tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga motor tersebut di pasaran motor bekas. Anda bisa melakukan pengecekan di internet atau menanyakan kepada orang yang ahli.
Setelah mengetahui harga pasaran motor bekas, Anda tinggal menyesuaikan antara harga dengan kondisi barang. Jika terjadi kekurangan pada sepeda motor Honda yang ditawarkan, kamu dapat menawar harga motor sampai menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.
 3. Cermat dalam Memilih Penjual
Perlu diketahui bahwa akhir-akhir ini banyak penipuan berkedok jual beli motor Honda bekas. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa mencari penjual motor bekas yang sudah tepercaya. Reputasi yang bagus dari penjual biasanya didapatkan dari pelayanan yang memuaskan. Namun, bagaimana jika melakukan pembelian sepeda motor di situs jual beli online?
Teknologi memang tidak bisa dibendung, banyak penjual motor yang sudah menggunakan internet untuk memasarkan dagangannya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua penjual yang berada di situs jual beli online adalah penjual yang tepercaya. Untuk menghindari penipuan di situs jual beli online, ada baiknya Anda meminta saran atau pendapat kepada orang yang lebih berpengalaman perihal jual beli kendaraan bekas.
 4. Periksa Kelengkapan Surat
Sebelum melakukan transaksi, Anda harus melakukan pengecekan surat-surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui jenis, tipe motor, serta kecocokan antara nomor kerangka dan nomor mesin kendaraan. Kelengkapan surat juga digunakan untuk mengetahui identitas pemilik asli kendaraan. Hindari pembelian motor yang tidak memiliki kelengkapan surat karena hal ini bisa menjadi indikasi bahwa motor terlibat dalam sebuah tindak kejahatan seperti barang hasil curian.
Selain itu, pastikan juga bahwa pemilik motor sebelumnya membayarkan pajak kendaraan dengan tertib tanpa menunggak. Jika usia nomor kendaraan mendekati usia 5 tahun, itu berarti sebentar lagi giliran anda atau pembeli berikutnya yang akan membayar pajak kendaraan.
 5. Periksa Kondisi Body Motor
Hal umum yang dilakukan calon pembeli sebelum membeli motor bekas yaitu dengan melihat kondisi bodi. Semua calon pembeli pasti mendambakan motor bekas yang masih terlihat mulus dan mengilap. Pastikan seluruh bodi motor dalam keadaan mulus tanpa goresan atau bahkan dempulan.
Jangan lupa tanyakan apakah suku cadang masih asli atau sudah diganti dengan yang imitasi. Suku cadang asli pastinya memiliki nilai lebih dibanding dengan suku cadang imitasi. Pastikan Anda menanyakan semua aspek untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan mudah tergiur karena hal ini bisa berdampak negatif pada Anda.
 6. Periksa Oli dan Speedometer
Mintalah penjual untuk membuka penutup oli, jangan sampai volume oli dalam tangka. Ingat, oli berlebih dapat meredam suara pada mesin yang sebenarnya mesin pada motor sudah bising dan kasar. Selain itu, melakukan pengecekan speedometer juga harus cermat. Perhatikan baik-baik jarak yang sudah ditempuh motor Honda bekas. Pastikan juga indikator bensin, indikator lamp, dan penghitung jarak masih berfungsi dengan baik.

Nah, itu dia 6 tips membeli motor bekas Honda yang bisa Anda lakukan. Memahami kondisi motor bekas serta memberikan penawaran yang sesuai adalah kombinasi yang sempurna. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat:)

Postingan Populer