Cari Blog Ini

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

Selamat Pagi,Semanagat Pagi
Kali ini team Masbro akan sedikit berbagi Tips tentang cara berkendara yang aman ketika jarak jauh





Ketika musim liburan tiba pasti cukup banyak bikers yang memanfaatkan momen tersebut untuk touring atau bepergian jauh. Tapi perlu diingat, menempuh perjalanan jauh itu penuh risiko dan karena itulah Anda harus membekali diri dengan pengetahuan supaya perjalanan berjalan lancar dan Anda bisa selamat sampai tujuan.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat agar perjalanan jauh mengendarai sepeda motor tetap nyaman dan aman.

1. Cek kondisi sepeda motor

Sebelum mulai perjalanan jauh, cek dulu kondisi sepeda motor, apakah dalam keadaan prima atau ada yang perlu diganti/diperbaiki. Tidak hanya mesin motor, Anda harus cek juga tekanan udara ban karena punya peran penting selama perjalanan jauh.

2. Cari tahu lokasi stasiun pengisian bahan bakar

Sebelum mulai perjalanan, cobalah cari info di smartphone atau bertanya langsung kepada mereka yang sering melakukan perjalanan tentang lokasi stasiun stasiun bahan bakar yang akan Anda temui sepanjang perjalanan. Hal ini sangat penting agar Anda bisa tahu kira-kira akan mengisi bahan bakar di stasiun mana saja sehingga kemungkinan kehabisan bahan bakar bisa diminimalisir.

3. Perhatikan kapasitas bagasi

Pastikan hanya membawa barang-barang yang memang Anda butuhkan selama perjalanan dalam bagasi dan jangan sampai melampaui kapasitasnya. Membawa barang melebihi kapasitas tidak hanya akan membuat bobot motor menjadi lebih berat tapi juga mengancam keselamatan Anda selama berkendara

Pastikan bagasi terikat pada rel dengan kuat supaya keseimbangan dan kestabilan kendaraan terjaga selama perjalanan. .

4. Kecepatan stabil

Jangan ugal-ugalan dan memacu sepeda motor sekencang-kencangnya selama perjalanan jauh. Tidak hanya berisiko pada keselamatan pengendara, terlalu memaksa memacu sepeda motor dalam waktu yang lama juga berisiko merusak mesin motor.

Cukup pacu motor pada kecepatan yang yang menurut Anda terbaik dan Anda juga merasa nyaman dengan kecepatan tersebut. Dengan begitu Anda akan punya kontrol penuh terhadap sepeda motor yang Anda kendarai.

5. Istirahat

Selama perjalanan jauh sangat dianjurkan untuk sesekali berhenti untuk mengistirahatkan tubuh, paling tidak 2-3 jam sekali. Hal ini penting untuk mengembalikan lagi stamina dan meregangkan otot-otot tubuh yang tegang selama mengendarai motor dalam jarak jauh.

Semoga tips di atas bermanfaat!
Sekian, Sampai Jumpa
Selamat Pagi

Postingan Populer