Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Motor Lama Terpakir. Aki perlu disetrum ulang atau tidak?

Motor yang dalam kondisi lama terparkir karena tidak digunakan, apakah aki-nya perlu disetrum ulang sebelum motor kembali dipakai?




Adanya aturan pembatasan kegiatan di luar rumah membuat sebagian pengguna motor membiarkan motornya terparkir lama. Jika motor tidak dihidupkan dalam jangka waktu lama selama di rumah, setrum ulang aki ternyata lebih disarankan.

Kalau motor masih rutin dipanaskan setiap tiga sampai lima hari sekali enggak perlu, namun kalau sampai sebulan tidak dipakai dan dipanaskan lebih baik dicek atau di setrum sekalian. Sebab dalam kondisi rutin dihidupkan, secara otomatis daya aki tetap terisi ulang layaknya motor saat sedang dipakai.

Sedangkan kalau lama tidak dipakai, daya aki perlahan mengalami penurunan dan perlu disetrum ulang agar kembali prima. Supaya lebih akurat bisa dengan bantuan alat multi-tester atau voltmeter untuk baca tegangan aki di motor

Dalam kondisi aki sehat dan normal, maka alat akan menunjukkan tegangan aki di sekitar angka 12 Volt. Namun kalau alat membaca tegangan aki berada di bawah angka 12 Volt, dapat dipastikan aki perlu disetrum ulang sebelum dipakai.

Untuk motor modern dengan teknologi injeksi, peran aki penting karena kalau lemah dan dipaksa hidup bakal berisiko merusak kelistrikan di motor

Sekian ulasan dari kami, semoga bermanfaat terimakasih


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar