Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Mari Mengenali Jenis Sepeda Motor, Jangan Sampai Salah Sebut Yaa

MENGENALI JENIS SEPEDA MOTOR, JANGAN SAMPAI SALAH SEBUT




 Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi motor terbesar di dunia. Bayangkan, setiap tahunnya jumlah motor bertambah hingga 6 juta unit. Pabrikan roda dua menyediakan berbagai jenis sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.
Sepeda motor yang ada di pasaran hadir mulai dari yang bermesin kecil (110 cc) sampai dengan motor gede dengan mesin lebih dari 1.000 cc. Ada beberapa jenis sepeda motor yang secara sepintas terlihat mirip seperti sportbike dengan sport touring.
Perbedaan keduanya kadang hanya sedikit seperti pada aksesoris dan posisi berkendara karena diproduksi dengan basis yang sama. Maka dari itu,  jangan sampai bingung apalagi salah sebut.
Berikut ini jenis sepeda motor versi jalan raya, yuk simak.
 ⏩ Motor Sport/Sport Bike

Jenis Sepeda Motor : Sport Bike, Era Perang Teknologi ! – EA's ...

Anda penggila kecepatan dan balap? Pasti Anda tidak asing dengan sosok motor sport fairing atau sportbike. Jenis sepeda motor ini dirancang sebagai turunan langsung motor balap yang menggabungkan performa tinggi, kelincahan, desain agresif, dan tentunya kecepatan.
Sportbike ini beragam pilihannya, mulai yang memakai mesin 150 cc dan untuk superbike dibekali mesin 1000 cc keatas. Performa Sportbike jelas mumpuni di atas trek dan saat digunakan di jalan raya mengundang kekaguman dari sesama bikers.
Kelemahan motor sport hanya satu, tidak nyaman untuk perjalanan jarak jauh atau touring. Dengan demikian, sportbike hanya dipilih oleh speed ​​freak, pembalap amatir dan pro, dan siapa saja yang menggemari kecepatan dan gaya.
 ⏩ Skuter Matic

Daftar Harga Terbaru Motor Matic Yamaha Maret 2020

Type skuter matic ini adalah type sepeda motor otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi, sepeda motor ini memiliki kapasitas silinder (CC) kecil dan posisi pengemudi yang tegak, ukuran sepeda motor ini lebih kecil dan ringan daripada type bebek. Sepeda motor ini memiliki ruang kosong di antara kemudi dan pengendara yang memungkinkan untuk kaki bisa diletakan di tempat tersebut. Sepeda motor ini sangat cocok untuk wanita dan ini digunakan untuk keperluan dalam kota/wilayah. Sepeda motor type ini memiliki dimensi ukuran ban dan roda yang cukup kecil.
 ⏩ Motor Bebek

Update Harga Terbaru Motor Bebek Juni 2020, Paling Murah Rp 16 ...

Type ini adalah type sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas Silinder (CC) kecil. Type sepeda motor ini yaitu model body yang bercorak dari jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Posisi pengendara untuk sepeda motor ini tegak.
 ⏩ Sepeda motor listrik
Sepeda motor listri adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.
Secara umum sumber tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakar menyebabkan terciptanya beberapa prototipe menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen, pada Honda teknologi ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQEL[31] pada Yamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU[32] dari Yamaha.
Dan kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini.
 ⏩ Motor Sport Touring

Jenis Sepeda Motor : Sport Tourer, Perpaduan 2 Jenis Motor ...

Kebutuhan akan motor performa tinggi namun nyaman dipakai jarak jauh mendorong pabrikan motor menciptakan jenis sport touring. Pengguna motor sport touring bermula dari kalangan bikers di Eropa yang gemar melakukan perjalanan jauh. Karakter sport touring hampir sama dengan motor sport biasa, yakni suspensi yang agak keras dan desain dengan fairing. Perbedaannya yaitu pada posisi berkendara dan aksesoris. Sport touring memakai setang yang lebih tinggi dan ukuran jok lebih lebar sehingga pengendara dan boncengers tidak lekas pegal. Selain itu, motor sport touring biasanya tambahan boks tengah dan boks samping untuk penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan.
 ⏩ Naked Bike

Top 10 super nakeds (2018)

Jenis sepeda motor selanjutnya yang pasti Carmudian sudah familiar yaitu naked bike atau motor sport tanpa fairing. Dulu, sampai mungkin 40 atau 50 tahun yang lalu, motor batangan itu ya tanpa fairing, termasuk motor balap.
Desain naked bike ini sebenarnya sederhana, memperlihatkan mesin tegak yang hanya sedikit tertutup rangka. Selain itu, posisi berkendara lebih ergonomis dan lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Desain naked bike tak kalah agresif, bahkan kini naked bike kian macho dan kekar. Lihat saja sosok Ducati Monster, motor naked bike dengan bentuk yang agresif. Soal performa, naked bike bisa disejajarkan dengann sport bike karena sering memakai basis yang sama.
 ⏩ Touring Bike

16 Best Touring Motorcycles for Long Rides

Jenis sepeda motor ini memang diciptakan untuk perjalanan jauh. Orang-orang Amerikalah yang mempopulerkan penggunaan touring bike. Amerika Serikat memiliki jalan-jalan antar negara yang mulus dan lebar sehingga sangat menyenangkan untuk para bikers yang doyan bepergian.
Salah satu touring bike yang cukup terkenal di dunia yaitu Honda Goldwing. Ciri khas touring bike yaitu bermesin besar diatas 1000 cc, kemudian terdapat boks bagasi di samping dan belakang.
Tidak hanya itu, touring bike kadang dibekali fitur layaknya mobil seperti sistem infotainment layar sentuh, kursi berpemanas, sistem komunikasi onboard, bahkan traksi kontrol dan ABS. Motor touring bahkan memiliki gigi mundur untuk membantu pengendara memarkir karena ukuran motor yang sangat besar.
 ⏩ Cruiser

Best cruiser motorcycle | Autoblog

Bila touring bike merupakan sepeda motor penjelajah kelas berat, maka untuk versi ringan terdapat jenis cruiser. Inilah jenis sepeda motor yang begitu khas Amerika, dengan posisi duduk rendah dan santai. Cruiser dibangun sebagai sepeda motor yang kuat dengan kesan gaya yang gagah.
Harley-Davidson terkenal sebagai merek dengan produk cruiser-nya. Motor ini didukung mesin V-twin yang besar dan kuat namun dengan suspensi yang lembut. Namun, ukuran yang cukup besar membuat cruiser tidak cocok digunakan sebagai motor harian.
Pengguna cruiser di kota besar biasanya memakai motor ini di malam hari atau untuk jalan-jalan di akhir pekan. Penunggang cruiser ini juga cocok dibilang sebagai cowboy modern karena American Style yang kuat.

Oke cukup ya ulasan tentang Mengenali Jenis Motor kali ini. Semoga selalu bermanfaat bagi semua :)




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar