Cari Blog Ini

5 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Motor Terparkir Lama di Garasi

Selamat Pagi Sobat Bikers
Di masa pandemi ini pasti motor jarang di gunakan kan
Nah supaya motor tetap awet walaupun tidak di gunakan kita harus
memperhatikan cara-cara merawat motor yang ada di garasi rumah
Yuk Simak


SIMULASI HARGA KREDIT ELANG MOTOR INDONESIA

Pandemi Corona Covid-19 memaksa masyarakat Indonesia untuk berdiam diri di rumah saja. Akibatnya kendaraan yang biasa digunakan sehari-hari akan terparkir di garasi. Meski tak digunakan, pemilik harus lebih memperhatikan kondisi kendaraan agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kondisi sepeda motor saat terparkir dalam waktu lama:

1. Cuci Terlebih Dahulu
Bahaya Cuci Motor Pakai Semprotan Air Kencang & Mesin Masih Panas ...

Jika kendaraan tak digunakan dalam jangka waktu lama, pemilik sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen.

2. Beri Pelumas


Beri pelumas pada bagian yang berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang mengalami gesekan.

3. Gunakan Standar Tengah
Sering Diabaikan, Ini Fungsi Penting Standar Tengah pada Motor

Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya kendaraan diparkir menggunakan standar tengah agar lebih mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

4. Panaskan Mesin
Sudah Tidak Perlu Lagi Manasin Mesin Motor di Pagi Hari, Akan Sia ...
Lakukan pemanasan mesin hingga kira-kira 80-100 derajat celcius. Lakukan setiap hari. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup.

5. Perhatikan Cover Plastik
Jual Plastik Selimut Sarung Cover Motor Transparan Anti Air Dan ...

Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian dalam cover plastik, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat mesin dipanaskan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, sepeda motor yang tak digunakan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan.


Semoga Bermanfaat:)

Postingan Populer