Cari Blog Ini

Cara Ampuh Mengkilapkan Body Motor Seperti Baru

CARA MENGKILAPKAN BODY MOTOR DENGAN BENAR




Ingin body motor mengkilap? Tapi khawatir mengeluarkan biaya yang cukup mahal?
Kebanyakan orang untuk mengkilapkan body motor menggunakan salon motor. Ya meskipun terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal.
Tenang, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk cara mengkilapkan body motor. Penasaran?
Nah kali ini ada 10 cara mengkilapkan body motor, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Jauhkan dari Pengunaan Detergen

Detergen" Pengertian & ( Jenis - Komposisi Bahan Pembuat )

Dikalangan masyarakat banyak yang menganggap mencuci menggunakan detergen bisa mengkilapkan body motor. Sebaiknya hindari penggunaan detergen karena bisa memudarkan warna cat motormu.
Jika kamu ingin mencuci motor, disarankan sebaiknya menggunakan shampo motor yang memang digunakan untuk mencuci motor. Namun jangan asal dalam membeli shampo motor.
Hindari membeli shampo motor yang memiliki kandungan bahan seperti Hcl (acid hidrchlorid), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida) karena berbahaya dan bisa merusak lapisan cat motor kamu.
2. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

5 Risiko Kerusakan dari Menaruh Motor di Bawah Terik Matahari

Sering terpapar dari sinar matahari secara langsung berdampak buruk pada body motor kamu. Biasanya hal ini bisa terjadi pada saat memarkirkan motor.
Jika terlalu lama terkena langsung sinar matahari yang mengandung ultraviolet akan merusak lapisan cat motornya. Maka hindari memarkirkan motor yang terkena langsung sinar matahari.
3. Mencuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Cuci Motor Setelah Terkena Hujan, Jangan Lakukan 4 Hal Ini ...

Segeralah mencuci motor setelah terkena air hujan minimal mengelap dengan air yang bersih. Karena air hujan mengandung asam nitrat.
Dampak apabila tidak mencuci motor setelah terkena air hujan dapat menimbulkan karat atau korosi pada body motor. Hal yang lain, dapat merusak lapisan pada kilap cat motor.
Oiya kamu juga tidak boleh langsung mengelap motormu setelah terkena air hujan, karena debu-debu yang menempel di motormu membuat body motormu lecet.
4. Menggunakan Kompon dan Poles

Ternyata Begini Lho Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobilmu ...

Kompon dapat menghilangkan goresan halus, bentuknya seperti gel. Cairan poles biasanya ditemukan dibeberapa swalayan dan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.
Untuk menghilangkan goresan kamu harus menggosok body motor dengan kompon beberapa kali. Caranya juga tidak terlalu susah, cukup mengoleskan kompon dibody motor.
Gunakan kain yang lembut untuk menggosoknya dengan cara memutar. Setelah goresannya hilang, gunakan cairan poles sebagai cara mengkilapkan body motor.
Sebaiknya gunakan cairan poles setelah motor dicuci agar tidak tercampur dengan kotoran yang dapat menibulkan goresan saat body motor digosok dengan cairan poles.

NB: Hindari penggunaan kompon terlalu banyak agar cat tidak mengelupas.
5. Menggunakan Beeswax

Manfaat Beeswax Untuk Kecantikan

Beeswax bukan hanya digunakan sebagai produk kecantikan saja, namun bisa digunakan untuk mengkilapkan motor dan hasilnya tidak mengecewakan.
Beberapa produk perawatan body motor yang diberedar dipasaran mengandung besswax, maka tidak perlu membeli beeswax dalam bentuk asli.
Ternyata beeswax juga mempunyai keuntungan untuk motor menjadi lebih lembut, tidak mudah mengelupas dan menjaga warna asli dari kendaraan.
6. Menggunakan Minyak Goreng

5 Tips Agar Minyak Goreng Tidak Cepat Menghitam dan Keruh

Minyak goreng tidak hanya digunakan sebagai bahan memasak tapi bisa digunakan untuk mengkilapkan body motor. Ada beberapa orang yang sudah membuktikannya dan hasilnya tidak kalah jauh dari kendaraan yang dibawa ke salon motor.
Nah, menggunakan minyak goreng ini setelah mencuci motor dengan bersih. Setelah itu mengkilapkan body motor dalam keadaan benar-benar kering karena tidak ada fungsinya jika minyak goreng terkena air.

NB: Gunakan minyak goreng yang baru bukan bekas pakai.
7. Rutin dalam Mencuci Motor

Jangan Gunakan Detergen buat Cuci Motor, Ini Alasannya - Otomotif ...

Jangan terlalu jarang dalam mencuci motor kamu, karena menimbulkan kotoran atau debu yang menumpuk dan menimbulkan pelupasan pada cat body motor.
Jika dibiarkan terlalu lama maka warna pada body motor terlihat kusam. Buatlah jadwal untuk mencuci motor, usahakan secara rutin dalam waktu 1-2 kali seminggu.
8. Keringkan Motor setelah Dicuci

10 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Mengkilap Seperti Baru Lagi

Keringkan motor setelah dicuci dan usahakan dalam keadaan benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang tersisa setelah mencuci motor yang mengendap dibody motor, karena jika dibiarkan akan mengakibatkan karat atau korosi dan dapat memudarkan warna motor.
9. Gunakan Skotlet

Lepas Skotlet Variasi Motor, Pakai Minyak Kayu Putih atau Bensin?

Menggunakan skotlet dapat melindungi body motor dari goresan dan dari terik matahari. Skotlet ini juga bisa dipakai agar body motor lebih kinclong dan sedap dipandang.
10. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Diminum?

Minyak kayu putih bisa membersihkan beberapa noda membandel pada barang-barang elektronik dan hasilnya benar-benar kinclong. Begitupun dengan body motor, bisa membuat seperti baru.
Caranya juga mudah, pertama cuci motor dan lap sampai benar-benar kering. Lalu oleskan dengan minyak kayu putih secukupnya gunakan dengan kain yang bersih dan halus.
Gosok secara perlahan supaya tidak lecet akibat gesekan kain. Kemudian lihatlah perbedaan body motor sebelum dan sesudah diberi minyak kayu putih.


Itulah 10 cara mengkilapkan body motor. Gampang bukan? Pastinya cara diatas aman dan mudah ya. Selamat mencoba!

Postingan Populer