Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Penyebab Rem Cakram Motor Seret

Rem yang blong menjadi salah satu kerusakan yang cukup ditakutkan oleh beberapa pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat.Jika ini terjadi akan membahayakan nyawa pengendara motor, seperti menabrak pengendara lain atau masuk jurang sehingga terjadi kecelakaan.

Namun bukan hanya rem blong, ternyata ada masalah lain pada sistem rem yang cukup riskan. Masalah itu adalah ketika rem seret atau macet. Kondisi ini membuat kampas rem selalu menempel dan menghimpit piringan rem disaat tuas rem tidak kita tekan.



Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan masalah rem seret, biasanya penyebab yang paling dominan ada pada sistem hidrolik rem. Berikut beberapa penyebab :

1. Bahan Kampas Rem Yang Berbeda
Kampas rem, terbuat dari bahan keramik organic. Memang ada beberapa kampas rem yang terbuat dari bahan lebih keras, namun ini dibuat berdasarkan karakter rem kendaraan serta daya pengereman yang berbeda.

Sementara untuk motor, umumnya menggunakan kampas rem yang lebih keras agar lebih awet serta minim debu. Jika anda menggantinya dengan kampas rem dengan karakter lebih lunak memang bisa menambah daya pengereman, namun ini juga  bisa menyebabkan gesekan yang menghambat putaran roda saat rem terbebas.

2. Pin caliper macet
Pada caliper rem tipe floating yang banyak digunakan pada rem cakram motor, anda akan menemui komponen bernama pin caliper. Pin ini berfungsi sebagai poros untuk pergerakan caliper rem ke kana dan kekiri (float).

Pergerakan kaliper ini akan mempengaruhi daya pengereman kampas. Apabila kondisi pin ini licin, maka caliper bisa bergerak dengan mudah. Namun apabila pin kekurangan pelumas, otomatis caliper bisa macet.

3. Piston Caliper Macet
Piston rem berfungsi mengubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak yang akan menekan kampas rem.
Piston ini bekerja hanya bergerak maju mundur pada sebuah silinder. pada sisi piston akan dipenuhi dengan minyak rem dan volumenya akan bertambah saat tuas rem ditekan, hal itu memaksa piston bergerak kearah berlawanan. Disisi lainnya sudah ditahan oleh kampas rem sehingga gerakan piston akan menekan kampas rem.

Namun ada kalanya  piston macet pada silinder. jika posisi piston macet tersebut berada ketika posisi rem terlepas maka sistem rem bisa blong. Namun jika piston kaliper macet saat posisi menekan maka rem akan terasa seret seperti belum terbebas sepenuhnya.

Itu tadi beberapa penyebab rem cakram motor seret, semoga bermanfaat bagi kalian para Riders. Hati - hati dalam berkendara dan jangan lupa selalu cek kondisi kendaraan Anda.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar