Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Penyebab Motor Mogok Dan Solusinya

Riders mungkin sering kali merasa bingung mengapa motor yang kalian kendarai tiba-tiba mogok, setelah mengetahui masalah utamanya pasti kalian bingung bagaimana cara merawatnya. Berikut ulasan penyebab dan solusinya.



1. Mesin Overheat
Jika anda memaksakan mesin untuk tetap nyala motor, seolah ngambek karena sistem pembakaran ataupun gesekan antara piston dengan liner nya terlalu panas. Sehingga menyebabkan kondisi mesin memiliki suhu yang naik secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

Solusinya tentu saja dengan mengistirahatkan motor, agar tidak digunakan selama lebih dari 1 jam apabila hal tersebut terjadi berulang anda. Sebaiknya menghubungi bengkel ataupun konsultasi dengan mekanik mengenai kondisi mesin anda. Apakah memang mesin motor anda masih sehat atau justru sebenarnya sudah harus diganti.

2. Salah Bahan Bakar
Banyak orang yang belum tahu bahwa pemakaian bahan bakar bisa menyebabkan motor mogok. Terutama secara mendadak. Untuk mengatasi mogok yang terjadi akibat masalah ini.

Tentu saja anda harus menggunakan bbm dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Misalnya saja pertamax atau pertalite pasalnya semakin tinggi nilai oktannya. Maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

3. Oli Mesin
Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Karena adanya oli mesin yang sudah lama tidak diganti solusi yang paling mudah. Tentu saja dengan mengganti oli mesin secara rutin, terutama 1 bulan sekali.

Oli mesin memiliki masa pakai sehingga anda harus menggantinya secara rutin. Apabila anda telah mengganti oli maka mengakibatkan komponen mesin mengalami kerusakan. Pada akhirnya masalah tersebut akan menjalar ke bagian lainnya. Fungsi oleh sendiri untuk membantu melepas setiap komponen, yang ada sehingga menjadi lebih mudah dalam menjalankannya.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar