Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Tips Merawat Mesin Motor agar tetap Awet dan Enak Dipakai

Halo, kali ini kami ingin mengulas tentang tips merawat mesin motor agar tetap awet dan enak dipakai. Simak penjelasannya berikut ini.

Kendaraan roda dua atau sering disebut dengan sepeda motor mendominasi kendaraaan di jalan raya. Selain relatif murah dibanding dengan mobil, sepeda motor dinilai lebih efektif dan fleksibel untuk dibawa kemana - mana bahkan perjalanan jauh sekalipun.

Akan tetapi terkadang seseorang kurang peduli dan kurang memperhatikan motornya karena kesibukan. Padahal dengan sedikit meluangkan waktu untuk melakukan perawatan, biaya perawatan motor yang lebih tinggi bisa terhindarkan.



Berikut tips merawat sepeda motor untuk masbro dan mbakbro yang bisa dilakukan dirumah, agar sedikit mengurangi biaya perawatan yang berlebih.

1. Tips untuk sepeda motor baru

Jangan sampai Anda tidak memanfaatkan perawatan berkala gratis dealer pertama pada sebuah motor yang baru dibeli. Biasanya motor baru akan diberikan gratis oli dan juga servis 3 kali jalan. Karena belum tentu motor yang masih baru tidak mempunyai kesalahan sama sekali di dalam perakitannya. Maka dari itu diperlukan pengecekan segera setelah menempuh jarak 500 km pada pemakaian pertama, untuk dapat mengetahui kemungkinan adanya sebuah kesalahan.

Selain itu, pada awal pemakaian, mesin juga masih butuh penyesuaian gesekan dengan berbagai komponen lainnya. Sehingga melakukan penggantian oli lebih awal (pada 500 km) sangat penting, karena oli masih dapat lebih cepat bercampur dengan berbagai serpihan logam akibat adanya gesekan pada komponen mesin.

Khusus motor dengan mesin 4 langkah, tuangkan saja sedikit oli ke dalam knalpotnya. Hal ini agar knalpot yang orisinil dari motor Anda lebih awet karena tidak akan mudah keropos. Sedangkan untuk motor 2 langkah, hal seperti ini tidak perlu, sebab secara otomatis knalpot akan terpapar oleh oli.

2. Tips mengganti oli sepeda motor

Standard kekentalan oli yang dipakai oleh kendaraan adalah SAE. Akan tetapi, kebanyakan oli yang dijual dipasaran sudah memenuhi standard untuk digunakan iklim di Indonesia. Jadi Anda sebenarnya sudah tidak usah khawatir akan mendapatkan standard oli yang tidak tepat untuk motor Anda. Yang harus diperhatikan adalah kapan waktu mengganti oli motor yang tepat.

Terlalu cepat dalam mengganti oli merupakan pemborosan dan terlalu lambat mengganti oli juga sangat buruk bagi mesin motor. Disiplin dalam mengganti oli motor dan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor tetap selalu prima.

3. Rutin melakukan tune up pada sepeda motor

Tune up sangat penting dilakukan untuk dapat mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen motor yang aus. Setelan mesin motor dapat berubah akibat berbagai keausan yang terjadi pada beberapa bagian komponen mesin tertentu. Oleh karena itu harus rutin dilakukan penyetelan ulang dengan cara tune up ke bengkel.

Mengenai kapan waktu yang ideal untuk melakukan tuneup, biasanya hal tersebut menurut berapa kilometer penggunaan motor. Namun apabila Anda merasa bahwa motor sudah tidak nyaman digunakan seperti biasa, ketika itu juga Anda bisa melakukan tuneup ke bengkel.

4. Cara pemakaian sepeda motor

Jangan suka meniru berbagai adegan film dengan cara menggeber-geber gas motor Anda atau dengan melakukan tarikan gas secara spontan. Hal seperti ini akan semakin mempercepat keausan pada bagian rantai mesin, pada katup bahan bakar, pada kopling, piston dan juga stang piston.

5. Memakai sepeda motor untuk perjalanan jauh

Mau melakukan perjalanan jauh ataupun keluar kota dengan jarak 80 km atau lebih? Lebih baik ganti oli motor terlebih dahulu. Perjalanan yang jauh dan nonstop akan membuat suhu oli pada mesin menjadi lebih panas, oli yang masih baru akan mengatasi keadaan seperti ini menjadi jauh lebih baik.

Khusus untuk motor yang tidak menggunakan water cooler sebaiknya selalu mendinginkan mesin dengan cara berhenti sesaat pada sekitar kilometer 80.

6. Menjaga kebersihan sepeda motor

Agar rangka motor Anda lebih awet, sebaiknya rajin mencuci motor agar tidak cepat muncul karat dan juga keropos. Apalagi kalau habis dipakai saat hujan.

7. Tips sebelum sepeda motor dipakai

Terapkan kebiasaan memanaskanmesin motor terlebih dulu sebelum motor dipakai, jika sebelumnya motor tidak dipakai selama 8 Jam atau lebih. Sebaiknya memanaskan mesin motor jangan terlalu lama, cukup sekitar 5 menit saja. Hal ini tidak baik untuk mesin yang memiliki pendingin udara.

Itulah beberapa tips merawat mesin motor agar tetap awet dan enak dipakai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar