Cari Blog Ini

Ganti Oli Motor Lihat Jarak Atau Waktu? Mana Yang Benar? Simak Penjelasannya

MAU GANTI OLI MOTOR LIHAT JARAK ATAU WAKTU?




Ganti Oli Motor Lihat Jarak Atau Waktu – Nah bagi mesin kendaraan bermotor, oli adalah salah satu komponen terpenting. Maka jangan pernah menyepelekan soal ganti oli motor. Penggantian oli memiliki pengaruh yang sangat amat krusial bagi mesin. Telat ganti oli motor bisa berakibat fatal. Hal ini pun sudah banyak terbukti, oli berfungsi untuk melindungi komponen pada mesin agar tidak cepat aus saat bergesekan seminimal mungkin. Oli juga membantu mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan agar berjalan lebih mulus sekaligus mendinginkan mesin. Nah salah satu akibat jika telat ganti oli motor ialah suku cadang bisa berumur lebih pendek. Telat ganti oli pun menyebabkan mesin rewel, ini karena memang oli memiliki zat aditif yang bermanfaat untuk memperlambat keausan komponan di dalam mesin.

Lantas Kapan Saat Paling Tepat Ganti Oli Motor?
Nah hal ini ternyata masih sering dipertanyakan oleh para pengendara motor. Kapan sih saat yang paling pas untuk ganti oli motor? Apakah dari hitungan waktu atau jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan?
Banyak yang berpegangan pada pedoman perawatan ala pabrikan yang tertera pada buku servis untuk ganti oli setiap 4.000 Km atau 4 bulan tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Beberapa mekanik atau bengkel tidak resmi menganjurkan mengganti oli saat mencapai 2.500-3.000 km.
Dan hanya saja tidak sedikit yang melakukan ganti oli motor setiap berapa bulan sekali. Lalu manakah yang benar? Berdasarkan waktu atau jarak? Tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Penggantian oli motor memang sebaiknya disesuaikan dengan penggunaan dan juga keadaan medan. Menuruti anjuran pabrikan tidak salah, namun yang paling penting memang harus melihat dari pemakaian motor tersebut setiap harinya.
Menurut pabrikan penggantian oli memang sebaiknya dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 4.000 km. Tapi kalau kenyataannya jarak rumah dan kantor kalian tidak terlalu jauh, namun kondisi jalan super macet serta cuaca sangat panas. Sebelum 4.000 km, boleh diganti.
Nah dengan kondisi seperti itu, alangkah lebih baik jika melakukan penggantian oli berdasarkan waktu. Ini dikarenakan jika telat mengganti pelumas tidak akan dapat melindungi mesin dengan maksimal.

Mengganti Oli Motor Sebaiknya Memperhatikan Engine Hour

Hasil gambar untuk Engine Hour

Jarak tempuh atau kilometer yang sudah dilalui kendaraan sebenarnya adalah pendekatan yang paling kasar. Karena itu memang sebaiknya memperhatikan soal engine hour atau kondisi dari motor dan juga pemakaian sehari-harinya. Meskipun kilometer tidak berjalan alias sedang macet, oli juga tetap bekerja untuk melumasi mesin dan komponennya. Hal ini tidak dicantumkan dalam buku petunjuk motor.
Dengan memperhatikan keadaan dan pemakaian motor, ganti oli bisa jadi lebih cepat dari pada yang tercantum di buku manual dari pabrikan. Bahkan ada pula yang bisa mengganti oli setiap dua minggu sekali. Ini karena memang dirasakan tarikan motor sudah tidak enak. Yang bisa merasakan kondisi motor adalah kita sendiri bukannya mekanik karena yang mengendarinya setiap hari.
Jika merasakan kondisi motor susah, ada satu cara yang bisa dicoba yakni dengan menggunakan oli stick, jika dari situ terlihat oli memiliki gramasi, maka sudah waktunya untuk segera dilakukan ganti oli motor.

Jangan Lupa Oli Gardan Ikut Diganti

Hasil gambar untuk Oli Gardan

Sangat disarankan untuk mengganti oli kendaraan roda dua secara teratur dan juga lebih cepat agar kondisi mesin bisa berjalan dengan sangat prima. Selain ganti oli mesin, jangan lupa juga untuk mengganti oli gardan. Penggantian oli gardan juga harus teratur layaknya mengganti oli mesin.
Lantas kapan saat yang tepat untuk mengganti oli gardan? Pada buku manual motor memang tidak disebutkan setiap berapa kilometer sekali. Namun idealnya adalah setiap 2 kali penggantian oli mesin dilakukan sekali penggantian oli gardan.

Hasil gambar untuk Oli Gardan

Perbandingan 2:1 ini dirasa memang paling tepat untuk melakukan penggantian oli gardan. Jika ganti oli motor atau mesin dilakukan pada kilometer ke 2.000 maka ganti oli gardan sebaiknya dilakukan saat kilometer 4.000 dan begitu seterusnya


Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya:)

Postingan Populer