Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Pengertian, Fungsi Dan Penyebab Komstir Rusak

PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENYEBAB KOMSTIR RUSAK





Pengertian Komstir
Komstir merupakan salah satu bagian terpenting dari kemudi sepeda motor, yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan sistem kemudi. Fungsi sebuah kemudi (steering) yang sangat berhubungan erat dengan kenyamanan berkendara pemilik motornya. Namun jikalau kenyamanan tersebut terganggu maka akan berperan besar dengan tidak nyamannya kuda besi kita.

Fungsi Komstir
Fungsi komstir hampir sama dengan laker/laher pada velg motor. Salah satu komponen yang sangat penting ini juga perlu perawatan extra dari sang pemilik sepeda motor. Jika tidak, akan menimbulakan bahaya yang dapat di timbulkan jika komstir rusak antara lain : kurang seimbang atau stabilnya motor ketika berbelok, komstir yang rusak cenderung membuat stang motor susah untuk dikendalikan,sangat berbahaya ketika digunakan bermanuver. Lalu getaran akan semakin terasa sampai ke tangan sehingga dapat  menyebabkan pengguna cepat lelah dan merasa pegal. 
Bagi kamu yang belum tahu ciri-ciri komstir yang mengalami kerusakan. Komstir juga dapat dikatakan bagian terpenting dari stang motor, kalau pengendara sepeda motornya kurang teliti dengan kondoso Komstir yang  rusak, karena jika komstir mengalami kerusakan maka akan sangat berpengaruh pada kemudi motor tersebut dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Ciri-Ciri Komstir Yang Rusak Atau Sudah Oblak/tidak bisa digunakan
 ➧Stang motor terasa kaku. Komstir yang sudah rusak menyebabkan leher stang terasa kurang stabil. Stang motor bisa bergerak tanpa arah jadi stang terasa kaku ketika digunakan.
 ➧Getaran ban semakin terasa di tangan. Semakin terasanya gataran ban di motor akibat stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil. Sehingga getaran semakin terasa.
 ➧Stang motor oblak atau terasa mau copot. Salah satu efek jika komstir rusak adalah stang motor yang terasa mau copot, sebenarnya ini efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor. Biasanya stang motor akan bisa di gerakkan ke depan dan ke belakang.
 ➧Rem kurang pakem. Akibat dari komstir rusak rem jadi kurang pakem. Penjelasannya,Ketika di lakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.

Komstir atau bearing cepat aus disebabkan kontur jalan yang biasa kita lewati bergelombang. apalagi jika sering melewati jalan bergelombang dengan kecepatang tinggi. Pasti komstir akan cepat aus dan tidak rata.

Stang Tidak Stabil 
Stang tidak stabil biasanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi motor,hal ini sudah pasti akan menjadi keluhan bagi pengemudi. Stang tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa hal,tetapi yang sering terjadi adalah rusaknya komstir pada stang tersebut.

Jika komstir pada motor rusak sudah pasti stang motor tidak akan seimbang,karena komstir adalah salah satu bagian terpenting dari stang. Komstir bisa rusak karena beberapa hal,yaitu karena kita sering melewati jalan yang berlubang dan tidak rata,sehingga akan timbul benturan-benturan keras yang menyebabkan bola-bola pada komstir mengalami aus.

Namun stang bisa juga terasa berat karena beberapa hal, diantaranya:
 ➧Komstir Seret : Sehingga sulit dikemudikan saat jalan tidak rata. Sementara jika oblak hanya akan ada kasus benturan fork saat ban depan terhalang oleh jalan bergelombang
 ➧Baut Stang Kendor : Stang tidak menyatu dengan komstir sehingga oblak
 ➧Sistem Kabel Di Stang (Gas, rem, dll) salah jalur, sehingga saat akan berbelok, ada tahanan/hambatan.

Segeralah mengganti komstir kamu jika memiliki ciri-ciri di atas. Harga komstir sekitar 150.000 ribu perpasang tergantung merek dan kualitas, belum termasuk biaya pasang sekitar 35.000 ribu. Penting bagi kamu untuk menjaga komponen yang satu ini karena berhubungan langsung dengan  keselamatan penggunanya.

Nah, itulah ulasan tentang pengertian, fungsi dan penyebab komstir rusak. Semoga ulasan ini dapat membantu dan semoga bermanfaat bagi semua:)

 



Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar