Cari Blog Ini

Jangan Salah Dalam Mengenal Fitur ABS Dan CBS

Fitur sepeda motor selalu mengalami perkembangan, terlebih kehadiran fitur – fitur canggih ini untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan pengendara. Dan yang wajib kalian ketahui fitur ABS dan CBS memiliki fungsi yang sama namun cara kerjal yang berbeda.



Seperti yang masbro ketahui bahwa Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri.

Sementara Cara kerja fitur CBS adalah dengan menekan rem sebelah kiri maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua, yang satu menuju rem pada roda belakang sedangkan yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit.

Sementara itu Anti-lock Braking System atau biasa dikenal ABS memiliki fungsi mencegah ban mengunci atau selip saat dilakukan pengereman mendadak. Fitur ABS bekerja otomatis menerapkan prinsip atau teknik yang dinamakan threshold braking (jepit-lepas). Namun, dengan tingkat kecepatan jauh lebih tinggi dibanding dengan yang bisa diterapkan oleh manusia.

Teknik pengereman ini kerap diterapkan oleh biker profesional pada masa sebelum teknologi ABS ditemukan. Pada intinya, sistem ABS sangat berperan meningkatkan keselamatam di jalan raya. Terutama bagi pengendara roda dua.

Saat ini teknologi CBS kurang diminati oleh pabrikan sepeda motor, bisa dilihat hanya pabrikan motor Honda pada skutik Vario dan Honda CBR yang menggunakan teknologi ini. Sementara untuk ABS cukup diminati banyak pabrikan sepeda motor.

Sekian penjelasan mengenai fitur ABS dan CBS pada motor, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda para pembaca. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di web kami.

Postingan Populer