Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Motor Anda Terasa Oleng? Ini Penyebabnya!!

MOTOR ANDA OLENG? BEBERAPA HAL INI JADI PENYEBABNYA!!




Salah satu kriteria berkendara yang nyaman dengan motor adalah performa yang stabil alias tidak oleng. Bayangkan saja kalau motor anda sering terasa oleng. Pasti sebagai pengendara akan sangat tidak nyaman kan? Bahkan penumpang yang ada di belakang pun juga merasakan ketidaknyamanan. Anda pernah merasakannya?

Motor yang terasa oleng, memang jadi masalah yang dirasakan sejuta orang. Jangan dianggap enteng loh, karena masalah yang timbul bukan hanya masalah ketidaknyamanan. Motor yang oleng pun dapat berakibat fatal loh!! Permasalahan motor oleng, pasti juga ada sebabnya. Biasanya, motor oleng terjadi karena seringnya berkendara di trek yang rusak atau bergelombang. Beban kejut yang berulang juga dapat menjadi pemicu motor oleng. Hal-hal itu membuat berbagai macam komponen menjadi bermasalah. Maka, timbulah oleng. Komponen apa saja yang dimaksud? Yang pasti, komponen-komponen tersebut erat kaitannya dengan roda.Yuk cari tau lebih lanjut!!

1. Komstir

Hasil gambar untuk Komstir

Kamu pernah mengalami posisi stang sepeda motor sulit dikontrol? Atau terdengar bunyi "dakk" keras saat melintas polisi tidur. Jika iya, mungkin bagian yang satu ini penyebabnya. Bagian yang terdiri dari beberapa ball bearing yang berfungsi untuk meringankan kita saat berbelok. Dan pastinya bakal bisa lincah menyalip ke kanan ke kiri bahkan ke belakang jika komstir masih normal ya.
Namun saat komstir sudah mulai rusak, stang kendaraan sulit di kendalikan dan motor jadi terasa tak stabil saat kamu kendarai.
2. As Roda

Hasil gambar untuk As Roda

Pasti kamu jarang memperhatikan bagian yang namanya as roda. Sering tak dipedulikan karena memang as roda takkan diganti kalau belum patah. Padahal bisa bahaya banget kalau itu sampai terjadi. Dan jika tak di periksa secara teliti tak kan begitu kelihatan kalau sudah aus, namun ada cara mudah yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memasukkan as roda ke velg 'harus lengkap sama bearing ya' lalu coba goyang-goyangkan as roda. Jika memang terlihat sudah sangat longgar antara diameter as dengan lubang bearing, berarti as roda kamu sudah aus ya. As roda yang aus biasanya disebabkan karena memang pemakaian ya.
3. Bearing Roda

Hasil gambar untuk Bearing Roda

Setelah tadi dari as roda, bagian bearing yang terpasang juga bisa jadi biang keladi motor jadi kurang stabil saat dikendarai. Bagian ini akan cepat rusak apabila motor sering menerobos banjir atau bisa dibilang genangan lah ya. Sehingga menyebabkan gemuk di dalam bearing jadi kering, jadilah tuh laher jadi seret. Dan akhirnya ambyar juga deh. Sedih banget ya, bearing juga juga bisa ikutan ambyar, gak cuman hati. Hehee
4. Bushing Arm

Hasil gambar untuk Bushing Arm

Jangan tanya apa yang terjadi jika bearing roda sudah rusak, pastinya bakal terasa geal-geol roda motor kamu. Apalagi pas buat untuk membelok, bisa-bisa sledding hingga kecelakaan. Bagian ini sendiri terbuat dari selongsong besi dan juga karet, sehingga lama-lama bagian karet akan mulai mengeras dan getas. Hal ini juga bisa berakibat motor kamu jadi tak stabil saat dikendarai.
5. Velg Penyok

Hasil gambar untuk Velg Penyok

Velg penyok atau peang juga bisa mengakibatkan motor jadi tak stabil. Putaran roda yang seharusnya senter, jadi tak berputar semestinya. Velg peang sendiri dikarenakan seringnya motor menghantam lubang jalan atau keseringan menghajar pembatas jalan busway alias sering ngebut dan lupa menarik tuas rem. Dan, terjadilah cerita velg jadi peang. Hayo, siapa yang sering ngebut tanpa peduli velg motornya? Jadi gak stabil, kan motornya.
6. Ban Gundul

Hasil gambar untuk Ban Gundul

Ban gundul bisa juga jadi biang keladi motor jadi tak stabil pas dikendarai. Pattern ban yang sudah habis ataupun yang sudah menipis, seringkali menimbulkan permukaan tak rata di setiap sisinya. Hal inilah yang jadi penyebabnya, apalagi saat hujan mendera, grip ban ke aspal makin berkurang dan akhirnya terjadi slick.
7. Suspensi Mati

Hasil gambar untuk Suspensi motor Mati

Nah, untuk kasus suspensi mati jarang banget terjadi, namun bukannya gak bakal terjadi ya. Suspensi motor mati karena adanya pembiaran saat oli suspensi motor mengalami rembes. Kalau mengalami suspensi motor mati, bukan hanya tak stabil, tapi juga bikin berkendara jadi tak nyaman.
8. Body Tidak Center

Hasil gambar untuk Body motor Tidak Center

Dan untuk penyebab yang terakhir, bisa juga karena bodi sepeda motor yang gak center. Hal itu disebabkan karena motor pernah mengalami kecelakaan. Bisa dilihat dari posisi ban depan dan belakang gak sejajar. Jadinya handling gak stabil deh, bikin pegel, motor terasa pengin ke kanan ataupun ke kiri terus kalau dipakai. Jika kamu mengalami bodi motor sudah gak center, mending langsung ke bengkel ya. Daripada semakin parah ke depannya.

Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat bagi semua:)




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar