Cari Blog Ini

Idling Stop System (ISS) Berhenti Berfungsi? Cek Hal ini!!

IDLING STOP SYSTEM (ISS) ANDA BERHENTI BERFUNGSI? CEK HAL INI!!



Banyak kami temukan pemilik motor Honda yang mengeluh karena teknologi Idling Stop System (ISS) pada motor Honda mereka berhenti bekerja. Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel resmi kami untuk dilakukan pengecekan pada motornya. Dari pengalaman ditemukan bahwa banyak dari konsumen kami yang belum mengerti “syarat syarat” agar Idling Stop System (ISS) bisa berfungsi dengan baik.

Berikut 7 hal agar Idling Stop Sistem motor Honda anda berfungsi dengan baik :
 1.Pastikan Anda Melakukan Starter Motor Dengan Menggunakan Elektrik Starter

Hasil gambar untuk Pastikan Anda Melakukan Starter Motor Dengan Menggunakan Elektrik Starter.

Untuk starter motor, pilihan terbaik yaitu dengan menggunakan elektrik starter karena dapat dipastikan ISS motor anda dapat digunakan. Fungsi ISS tidak akan berfungsi apabila anda melakukan starter dengan kick starter.
 2.Pastikan Tombol Switch ISS Dalam Posisi “Idling Stop”

Hasil gambar untuk Pastikan Tombol Switch ISS Dalam Posisi “Idling Stop”.

Saklar sistem ini terdapat pada bagian kanan dari stang kemudi. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Setelah itu maka lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat bekerja.
 3.Pastikan Motor Telah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 km/jam

Hasil gambar untuk Pastikan Motor Telah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 km/jam.

Idling stop sistem akan beroperasi saat kecepatan kendaraan lebih dari 10 km/jam yang terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. Sensor ini akan mendeteksi putaran gigi dan saat sensor ini mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM, yang mengendalikan idling stop sistem.
 4.Pastikan Putaran Mesin Standar Mencapai 1.600 +/- 100 rpm

Hasil gambar untuk rpm motor

Putaran mesin standar ini dipengaruhi oleh pencapaian kecepatan yang melebihi 10 km/jam dan masih sama terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor.
 5.Pastikan Temperatur Mesin melebihi 60°C

Hasil gambar untuk Pastikan Temperatur Mesin motor melebihi 60°C.

Untuk motor Honda sudah dibekali oleh teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang secara otomatis dapat mengetahui temperatur mesin. Ketika temperatur mesin sudah melampaui 60 derajat Celcius, idling stop sistem baru akan mulai beroperasi.
 6.Pastikan Throttle atau Handle gas dalam posisi tertutup

Hasil gambar untuk Pastikan Throttle atau Handle gas dalam posisi tertutup

Sistem ISS akan beroperasi dengan memastikan handle gas dalam posisi tertutup. Kejadian ini biasa terjadi pada saat berhenti pada lampu merah atau dalam kondisi jalanan macet.
 7.Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik

Hasil gambar untuk Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik

Rentan waktu yang diperlukan untuk mengetahui ISS beroperasi yaitu 3 detik setelah berhenti. Vehicle Speed Sensor dan Throttle Position Sensor akan otomatis mendeteksi  rentan waktu tersebut. Lampu indikator pada panel speedometer akan berkedip yang memastikan sistem ISS anda berfungsi.



Itulah 7 hal yang harus anda pastikan agar sistem ISS anda berfungsi dengan baik. Kalau 7 hal ini sudah terpenuhi semua dan ISS anda masih tidak berfungsi juga maka kami sarankan anda ke bengkel terpercaya Anda untuk dilakukan pengecekan secara langsung.
Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat bagi semua:)

Postingan Populer