Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Kenali Cara Kerja Karburator pada Motor



Sistem pengkabutan bahan bakar pada sepeda motor terdiri dari dua jenis, yaitu karburator dan injeksi. Namun, motor keluaran terbaru sebagian besar sudah mengadopsi sistem injeksi karena lebih optimal dalam menghasilkan tenaga.

Namun, tidak sedikit dari pengguna motor cenderung lebih suka pada sistem pengkabutan karburator ketimbang injeksi. Alasan sederhana, karena secara harga relatif lebih murah, bahkan keunggulan karburator, yaitu komponennya cukup sederhana dan mudah dibongkar pasang, sehingga gampang dianalisis jika terjadi masalah.

Nah, Anda yang belum paham tentang cara kerja dan fungsi karburator? Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dan udara dengan perbandingan tertentu menurut kecepatan dan beban yang ditanggung.

Dasar kerja karburator mirip dengan semprotan nyamuk, mengubah cairan menjadi bentuk kabut dengan mengandalkan kevakuman ketika piston bergerak turun pada langkah isap.

Karburator mulai berkerja sejak mesin dihidupkan. Ketika jantung pacu menyala, maka akan menghisap udara melalui komponen itu. Udara tersebut kemudian berfungsi  dan menyatu dengan bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas atau kabut bensin.

Gas tersebut yang disemprotkan ke silinder untuk dibakar dan menghasilkan ledakan kemudian dikonversi menjadi tenaga. Banyak atau sedikitnya gas yang disemprotkan tersebut tergantung dari bukaan gas.

Jadi, sudah tau cara kerja karburator pada motor kan? Sekian penjelasan untuk hari ini, semoga bermanfaat sampai jumpa dilain waktu dengan informasi menarik lainnya terimakasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar