Cari Blog Ini

Kegunaan Dan Manfaat Sepeda Motor Bagi Masyarakat, Dari Yang Serius Sampai Kocak

KEGUNAAN DAN MANFAAT SEPEDA MOTOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



Sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin, itulah yang membedakan dengan sepeda biasa. Sepeda motor dengan mobil, sama-sama digerakkan oleh mesin, namun banyaknya rodanya berbeda. Kedua kendaraan bermotor ini memiliki fungsi, manfaat, dan kegunaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak terbayangkan betapa repotnya jaman dulu menurut kita kalau saat tidak ada motor dan mobil, ke mana-mana harus jalan kaki dan paling cepat menggunakan sepeda, kuda, atau kendaraan dengan menggunakan binatang lainnya. Sejarah sepeda motor sendiri dimulai pada abad ke 19, di mana sepeda kayu bermotor pada saat itu diciptakan pertama kali. Sejak itu, sepeda motor pun terus berkembang, menciptakan jenis-jenis sepeda motor baru dengan variasi merk dan bentuknya, sehingga akhirnya kita jumpai model sepeda motor terbaru saat ini.
Secara umum, jenis sepeda motor di Indonesia terbagi menjadi tiga macam (dari pembagian saya) yaitu:
 ⇒ Sepeda Motor Matic
 ⇒ Sepeda Motor Bebek
 ⇒ Sepeda Motor Sport

MANFAAT DAN FUNGSI SEPEDA MOTOR

Apa Manfaat Sepeda Motor?
Sepeda motor saat ini boleh dibilang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang penting banget sehingga kalau pun gak bisa membeli motor baru, orang akan membeli sepeda motor bekas.
Dalam beraktivitas sehari-hari, manusia tidak bisa jauh-jauh dari sepeda motor.
Ini menandakan betapa vitalnya peran sepeda motor bagi manusia dewasa, karena punya pengaruh penting juga terhadap perekonomian dan pekerjaan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas manfaat sepeda motor sebagai berikut:
1. Manfaat Sepeda Motor Bagi Siswa Atau Pelajar
Sebagai alat transportasi ke sekolah. 


Hasil gambar untuk manfaat sepeda motor bagi masyarakat

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling dibutuhkan oleh pelajar saat ini, baik tingkat SD, SMP, SMA hingga kuliah. Saat masih SD, mungkin kamu biasa diantar sama orang tua ke sekolah, hingga SMP. Setelah itu, kamu membawa kendaraan bermotor sendiri ke sekolah.

2. Kegunaan Sepeda Motor Bagi Masyarakat
Alat pencari nafkah utama.


Hasil gambar untuk manfaat sepeda motor bagi masyarakat

Sepeda motor juga bisa menjadi alat pencari nafkah utama bagi manusia yang menggantungkan usahanya kepada sepeda motor.
Contoh golongan orang yang menggantungkan nafkah utamanya pada sepeda motor seperti:
 ⇒ Tukang ojek, driver Gojek, GrabBike, dan sejenisnya.
 ⇒ Tukang sayur keliling pakai motor
 ⇒ Tukang dagang keliling pakai motor (dagang siomay, jajanan, dan sebagainya)

3. Fungsi Sepeda Motor Bagi Masyarakat
Mempercepat distribusi barang-barang.


Hasil gambar untuk manfaat sepeda motor bagi masyarakat

Selanjutnya, bagi masyarakat, sepeda motor juga berfungsi sebagai alat untuk mempercepat distribusi barang-barang. Dengan adanya sepeda motor, sayur mayur bisa terdistribusi secara cepat sehingga tidak menunggu sampai layu. Kebutuhan pokok sehari-hari juga bisa dengan cepat didapatkan dan mudah karena ada alat transportasi sepeda motor.

4. Manfaat Dari Sepeda Motor Keempat
Alat transportasi ke tempat kerja.


Hasil gambar untuk manfaat sepeda motor bagi masyarakat

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi utama masyarakat ke tempat mereka bekerja. Mayoritas, untuk mencapai tempat kerja, orang menggunakan sepeda motor karena lebih efisien, tidak terjebak macet dan lebih hemat bahan bakar. Sepeda motor punya peran penting terhadap perekonomian.

5. Sepeda Motor Juga Bisa Membuka Lapangan Kerja Dan Usaha Baru
Dengan adanya sepeda motor, tentu jadi ada pabrik motor, dan ada orang yang bekerja di pabrik tersebut. Selain itu, ada orang yang jualan bahan bakar, ada membuka usaha bengkel, jualan onderdil, dari ban, oli, rem, dan sebagainya. Membuka juga usaha pemesanan makanan online, jasa pengiriman, dan sebagainya.

6. Alat Olah Raga


Hasil gambar untuk manfaat sepeda motor bagi masyarakat

Sepeda motor juga bisa menjadi alah olah raga seperti sepeda motor trail. Sekarang lagi ngetrend olah raga pakai sepeda motor.

7. Sosialisasi Di Masyarakat
Banyak ajang silaturrahim dan bersosialisasi dengan orang lain terjalin lewat sepeda motor, seperti membuat club sepeda motor. Yang penting jangan seperti geng motor yang membuat kerusuhan.

8. Menjadi Atlet Profesional 
Jika ditekuni dengan benar, anda bisa menjadi atlet seperti Valentino Rossi atau Mark Marquez. Sepeda motor bisa jadi alat kesuksesan anda.


Manfaat Sepeda Motor Listrik
Pengertian motor listrik adalah sepeda motor yang mesinnya digerakkan menggunakan energi listrik, bukan dari bahan bakar hasil bumi. Sepeda motor listrik punya manfaat seperti sepeda motor lainnya, hanya saja penggunaannya memang lebih terbatas. Sepeda motor listrik punya peran dalam mengurangi polusi udara, sehingga penggunannya tentu lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu wajar jika sepeda motor listrik dan mobil listrik pun ke depannya mungkin bakalan lebih banyak lagi diproduksi.


Fungsi Sepeda Motor Kocak dan Ngawur(hanya buat lucu-lucuan ya)

Selain berbagai kegunaan dari motor yang telah disebutkan di atas, ada juga yang suka membuat kata-kata kocak dan ngawur seputar pemanfaatan sepeda motor seperti berikut ini:
1. Buat Menunjukkan Status
Banyak yang merasa dengan memiliki sepeda motor bagus, moge atau motor gede misalnya, berarti status sosialnya naik. Motor gede dan motor mahal pun jadi salah satu kriteria penentuan status sosial. Kalau dulu, iya kerasa bener, sepeda motor ini jadi tolok ukur status sosial di masyarakat.

2. Buat Nyari Pacar
Ini juga merupakan penggunaan sepeda motor yang kurang pas, masa punya motor buat pacaran doang, sampai nikah dong hehehe. Banyak yang pakai motor buat menarik calon pacarnya, dengan memakai motor gede atau motor berkelas.

3. Buat Pamer Dan Gaya-Gayaan
Ini adalah penggunaan sepeda motor yang tidak tepat dan tidak pantas ditiru.

Nah, itulah kira-kira manfaat mengendarai sepeda motor, dari yang positif hingga negatif.
Mudah-mudahan artikel fungsi kegunaan dan manfaat sepeda motor ini menginspirasi :)

Postingan Populer