Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Fungsi Mengatur Jarak Renggang Klep Motor

Hai masbro dan mbakbro, kami datang lagi dengan informasi terbaru dan menarik untuk disimak. Mau tau informasi apa? Yuk, mari kita baca

Jarak renggang klep atau valve motor tentunya diperlukan agar tarikan motor tidak menurun dan tidak boros konsumsi bahan bakar.



Klep merupakan alat atau bagian dari komponen mesin motor yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder, terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas.

Klep harus tahan panas dan gesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun. Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor yang keluar jadi tidak maksimal.

Atur jarak klep ini berfungsi penting untuk penghematan konsumsi bahan bakar dan agar buka tutup klepnya itu teratur timing-nya,

Setelan klep yang terlalu rapat dan tidak sesuai standar, dampaknya yakni klep cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk. Selain itu, efeknya akan cepat panas. Konsumsi bahan bakar juga lebih boros. Tenaga mesin tentunya juga akan berkurang.

Sedangkan jika setelan klep terlalu renggang, efeknya pemasukan campuran bahan bakar dan udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit. Bisa juga menyebabkan suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah, dan gas buang juga tidak bersih

Semoga bermanfaat dengan apa yang telah kami sampaikan. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Terimakasih dan sampai jumpa.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar