Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Cara Memperbaiki Dan Penyebab Suara Mesin Motor Berisik

Suara Mesin Motor Berisik?
Tenang!!! disini saya akan memberi tahu apa penyebab suara mesin motor anda jadi berisik.
Penyebab Suara Mesin Berisik:
=>Oli motor kurang dan encer
=>Baut tertentu pada mesin ada yang lepas atau kendor
=>Setelan klep atau katup longgar
=>Rantai kendor
=>Ring piston aus
=>Pin piston aus
=>Kualitas bahan bakar tidak sesuai standart
=>Busi sudah tidak layak pakai
=>Penyetelan yang tidak tepat
=>Cam shaft dan rocker arm aus
Salah satu penyebab yaitu pada saat rantai motor aus menyebabkan suara berisik akibat pergerakkan dan gesekan rantai motor dengan gear/dudukannya. Hal ini menyebabkan rantai motor bekerja kurang efisien, maka dari itu lakukanlah perawatan secara berkala pada rantai motor bila kondisinya masih cukup baik, berilah pelumas. Jika rantai motor sudah rusak parah maka gantilah dengan yang baru karena membuat sistem tensioner pada rantai motor rusak.

Berikut saya akan memberikan beberapa cara agar suara mesin motor tidak berisik lagi.
Cara Memperbaiki:
1.Ganti oli mesin dengan teratur

Gantilah oli motor anda secara berkala, pilih SAE yang sesuai pada mesin atau gunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan motor.

2.Setel katup dengan benar

Jika celah katup lebih kecil dari standar,maka katup akan lebih cepat membuka, namun menjadi lambat menutup. Akibat keterlambatan menutup ini akan membuat tekanan kompresi menjadi bocor, karena saat langkah kompresi, yaitu piston bergerak ke atas, katup masuk belum benar- benar menutup.

3.Ganti busi yang sudah aus

Kenapa busi harus selalu diperiksa secara periodik? Karena pada saat pengapian, elektroda ground dan elektroda tengah busi menghasilkan percikan api untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara, saat terjadi pengapian elektroda tengah dan elektroda ground terkikis oleh percikan api busi tersebut.

4.Periksa camshaft & rocker arm rusak /tidak

Keausan pada pin rocker arm menimbulkan clearence antara pin dengan lubang rocker arm, akibatnya permukaan rocker arm bergesekkan tidak normal terhadap camshaft dan menyebabkan bukaan katup tidak tepat dengan normalnya. Lobe/cuping/tonjolan camshaft menjadi terkikis dan menimbulkan suara berisik.

5.Periksa ring piston

Saat ring piston aus, maka akan terjadi celah diantara piston dengan ruang bakar. hal ini akan menyebabkan tenaga motor semakin berkurang dan suara berisik pada motor, hindari terjadi kecelahan yang semakin besar. Cara yang dapat kita lakukan adalah mengganti piston dan ring, dan juga bisa kita over size atau under size.

6.Pin piston aus

Jika pin piston aus maka getaran mesin akan menjadi semakin meningkat serta kasar. Agar dapat mengatasi masalah ini maka gantilah pin piston untuk kondisi mesin yang maksimal.

7.Gunakan bahan bakar yang oktannya bagus

Oktan (kualitas) bahan bakar yang rendah akan menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dikarenakan sulit terbakarnya bahan bakar ,sehingga menimbulkan suara berisik.

8.Perbaiki cam shaft dan rocker arm 

Kondisi keduanya yang aus menyebabkan pergerakannya tidak halus sehingga mengakibatkan suara mesin berisik. Cara mengatasinya dengan menghaluskan permukaan yang aus menjadi halus dengan dibobok, namun cara ini kurang maksimal dibandingkan jika anda menggantikan dengan yang baru.

Satelah mengetahui cara-cara memperbaiki mesin motor agar tidak berisik lagi, maka saya harap bagi anda yang membaca artikel ini dapat mempraktekkannya pada kerusakan di motor anda. Jika anda masih belum yakin untuk melakukannya sendiri, saya sarankan agar motor dibawa ke bengkel atau dealer sercives. Okee sekian informasi dari saya, selamat mencoba...




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar