Cari Blog Ini

Ciri Motor Akan Turun Mesin

Inilah, Ciri Motor Akan Turun Mesin “Untuk Diketahui”

Ciri Motor Akan Turun Mesin – Dalam hal ini mencegah dari pada mengobati itu mungkin kata yang pantas yang akan dibahas pada kali ini. Karena sudah jelas lebih mahal dan bisa jadi tidak sesempurna dan tidak sebaik sebelum rusak atau sakit setelah diobati. Sebanyak apapun harta yang dimiliki atau sehebat apapun pangkat atau jabatan kalian bila kondisi badan tidak sehat tentunya tidak bisa dinikmati.
Nah sama halnya dengan sebuah kendaraan yang kita gunakan sehari-hari, bila tidak dijaga dan tidak dirawat dengan baik pastinya akan menjadi rusak dan tentunya memerlukan biaya yang sangat besar.
sesuai subject atau judul diatas, banyak sekali faktor terjadinya kerusakan atau penyebab terjadinya motor yang harus turun mesin. Namun kebanyakan yang dilihat penyebabnya diakibatkan kelalaian penggunanya, bila sudah rusak sudah bisa dipastikan motor wajib di service besar atau turun mesin, nah berikut ini penyebab motor harus turun mesin.


Penyebab Motor Harus Turun Mesin
Adapun penyebab motor harus turun mesin diantaranya yaitu:

Telat Ganti Oli Atau Kehabisan Oli Mesin
Ini yang sering terjadi dikalangan pengguna kendaraan roda dua, kebanyakan orang selalu menyepelekan untuk mengganti oli padahal oli sangat berguna sekali untuk melumasi parts-parts dalam mesin.

Tidak Pernah Service Besar
Ini salah satu penyebabnya yang sering terjadi karena kendaraan diwajibkan service besar minimal setahun sekali untuk membersihkan kerak-kerak yang menumpuk dipembakaran dan untuk mengecek kondisi parts didalam mesin, baik ring seher, klep dll.

Cara Menggunakan Motor
Faktor yang satu ini biasanya sering juga terjadi, biasanya anak-anak muda jaman sekarang yang sering mengalaminya, menggunakan motor seenaknya aja geber-geber tidak menggunakan aturan sehingga parts mesin cepat aus atau lemah walau motor didesain semaksimal mungkin.

Tune Up Mesin
Nah hal ini pernah donk tune-up mesin atau bore up mesin?? ini juga faktor atau penyebab motor cepat sekali turun mesin. Alasannya sederhana bengat, motor dipaksa di naikan kecepatan atau cc nya sehingga parts-parts di dalam mesin bekerja extra sehingga menyebabkan mesin cepat rusak atau cepat menurun kualitasnya.

Air Radiator

Untuk yang menggunakan atau memakai radiator pada motornya, sering sekali tidak pernah mengontrol kondisi cairan pendinginnya, padahal ini sangat berguna untuk menjaga mesin tetap dingin. Namun jika air radiator habis mesin menjadi panas dan terjadi overheat dan pastinya seher bisa ngunci atau ngejim.

Nah itu sedikit penyebab harus turun mesin,, lanjut ke pembahasan berikutnya yakni ciri motor akan turun mesin, simak ulasan dibawah ini.

Ciri Motor Akan Turun Mesin
Adapun ciri motor akan turun mesin yang diantaranya yaitu:
1. Motor Berasap Putih
Ini hal yang sering terjadi di kendaraan motor 4 tak motor keluar asap putih diakibatkan oli ikut terbakar di ruang bakar. Sebaiknya kalian harus membongkar mesin untuk menjaga parts-parts yang masih baik tidak ikut rusak diakibatkan kekurangan oli mesin.
2. Motor Susah Hidup
Ini juga diakibatkan karena oli mesin naik ke ruang pembakaran sehingga busi menjadi basah karena tercampur dengan oli.
3. Suara Mesin Kasar
Biasanya ini terjadi bila kondisi mesin sudah parah diakibatkan karena oli mesin benar-benar usah habis.
4. Tidak Bertenaga
Untuk yang satu ini pasti sering terjadi diakibatkan dari seher atau ring seher lemah atau blok baret sehingga kompresi motor bocor atau ngempos menjadikan motor tidak bekerja secara maksimal.
5. Busi Cepat Mati
Seperti yang pembahasan diatas, busi cepat mati diakibatkan pembakaran bahan bakar bercampur dengan oli.

Nah intinya rajin-rajinlah mengganti oli dan menservicenya supaya kelangsungan parts-parts motor tetap terawat dan terjaga dengan baik. Gunakan juga oli yang memenuhi standar pabrikan dan jangan lupa juga service besar minimal sethaun sekali hal ini untuk membersihkan sisa-sisa pembakaran di bagian head dan klep.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah, Ciri Motor Akan Turun Mesin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.



Postingan Populer