Cari Blog Ini

Bikin Ngeri!! Ini Efek Samping Knalpot Bocor Dan Penyebabnya

7 Efek Samping Knalpot Motor Bocor dan Penyebabnya



Sepeda motor saat ini masih menjadi salah satu diantara alat transportasi yang paling banyak digunakan dan dimiliki oleh masyarakat bahkan setiap keluarga terutama di kota kota besar pasti memiliki setidaknya satu sepeda motor.Pilihan masyarakat terhadap sepeda motor sebagai sarana transportasi yang paling banyak digunakan karena harganya yang relatif terjangkau, kemudahan dalam penggunaan, kemampuan bermanuver pada jalanan sempit dan jalan penuh kemacetan yang baik, serta hanya membutuhkan sedikit lahan parkir.

Tingginya minat masyarakat menjadikan penjualan produk sepeda motor berbagai jenis di seluruh dunia yang dipasarkan oleh produsen otomotif juga dipengaruhi oleh keberadaan sarana transportasi ojek berbasis online seperti gojek dan grab. Meningkatkan kepemilikan sepeda motor oleh masyarakat sering kali tidak dibarengi dengan cara merawat motor matic maupun jenis motor lainnya yang baik dan benar ataupun adanya proses modifikasi motor yang dilakukan dengan sembarangan menjadikan berbagai macam masalah teknis dapat muncul.

Salah satu masalah teknis yang terjadi akibat kelalaian proses perawatan dan karena adanya modifikasi motor yang salah adalah adanya kebocoran pada knalpot. Knalpot merupakan sebuah pipa yang berfungsi untuk mengalirkan gas buang sisa hasil pembakaran pada sepeda motor.
Fungsi knalpot pada kenadraan bermotor sangat penting yakni mulai dari menyaring gas pembuangan tersebut agar tidak beracun atau menimbulkan polusi lingkungan serta meredam suara yang ditimbulkan oleh sepeda motor. Adanya kebocoran pada knalpot dapat menyebabkan beberapa dampak atau efek samping.
Berikut ini dampak atau efek samping knalpot motor bocor yang perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan.

 ⇨ Sepeda Motor Menjadi Boros Bahan Bakar

Hasil gambar untuk sepeda motor boros bahan bakar

Efek samping knalpot motor bocor yang pertama adalah kondisi dimana sepeda motor menjadi lebih boros bahan bakar dari sebelumnya. Kondisi borosnya bahan bakar tersebut dikarenakan sisa bahan bakar yang dibakar dapat ikut keluar bersama dengan gas buang sehingga kebutuhan bahan bakar menjadi lebih besar. Knalpot bocor merupakan salah satu penyebab motor boros yang sebaiknya dihindari.

 ⇨ Suara Mesin Motor Menjadi Kasar

Hasil gambar untuk suara mesin motor menjadi kasar

Salah satu fungsi knalpot adalah untuk mengurangi suara kasar yang dihasilkan oleh mesin. Adanya kebocoran pada knalpot dapat menyebabkan suara yang dihasilkan oleh mesin tidak terfilter sehingga menjadikan mesin bersuara kasar ketika motor digunakan. Suara kasar pada mesin tersebut akan semakin terdengar keras ketika tarikan motor dimaksimalkan.

 ⇨ Tarikan Motor Tersendat
Kondisi bocornya knalpot motor juga dapat menyebabkan tarikan dari motor menjadi tersendat hal ini dikarenakan adanya gangguan dalam proses pencampuran udara dan bahan bakar. Kondisi tarikan motor yang tersendat bisa jadi menyebabkan motor kurang tenaga pada keadaan tarikan motor maksimal.

 ⇨ Proses Pembakaran Menjadi Tidak Optimal
Adanya kebocoran pada knalpot menyebabkan gangguan dalam proses gas buang yang berakibat pada tidak optimalnya campuran bahan bakar dan udara yang menyebabkan proses pembakaran tidak berlangsung dengan baik sehingga tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor menjadi terganggu. Terganggunya tenaga yang dihasilkan menyebabkan motor tidak dapat digunakan secara maksimal dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengendaranya.

 ⇨ Motor Mengalami Overheat

Hasil gambar untuk motor overheat

Proses pembakaran yang tidak optimal dan banyaknya bahan bakar yang dibakar serta gas buang yang dihasilkan menjadikan motor mengalami kondisi overheat. Overheat meruapakan keadaan dimana sepeda motor menjadi panas. Kondisi motor cepat panas cukup membahayakan bila dibiarkan terus terjadi karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada motor.

 ⇨ Mesin Motor Kehilangan Kompresi

Hasil gambar untuk mesin motor kehilangan kompresi

Kebocoran pada knalpot menyebabkan munculnya lubang yang dapat menjadikan motor kehilangan kompresi sehingga menjadikan motor tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Ketidakmampuan motor menghasilkan tenaga yang optimal menyebabkan motor tidak dapat digunakan secara maksimal.

 ⇨ Munculnya Letupan-Letupan Pada Knalpot
Adanya kebocoran pada knalpot sepeda motor menjadikan gas buang dapat keluar dari lubang yang tidak semestinya. Keluarnya gas buang hasil pembakaran tersebut memicu munculnya letupan letupan pada motor yang sangat menganggu.

Beberapa efek samping knalpot motor bocor diatas sebagian besar dapat memberikan dampak negatif pada performa maupun kondisi sepeda motor.
Untuk menghindari terjadinya knalpot sepeda motor bocor maka pemilik kendaraan harus mengetahui penyebab yang dapat membuat knalpot tersebut menjadi bocor yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

 ➠ Karat Pada Knalpot

Hasil gambar untuk karat pada knalpot mtor

Kondisi pertama yang menjadi pemicu terjadinya lubang pada motor adalah adanya karat. Karat menyebabkan besi pada knalpot menjadi berlubang sehingga harus diperhatikan. Untuk mengatasinya lakukan beberapa cara mengatasi karat pada motor agar tidak muncul lubang atau kebocoran.

 ➠ Modifikasi Knalpot

Hasil gambar untuk modifikasi knalpot mtor

Modifikasi knalpot motor yang tidak semestinya juga dapat menimbulkan resiko terjadinya kebocoran pada knalpot sepeda motor terutama jika proses modifikasi tersebut tidak dilakukan dengan benar. Agar proses modifikasi pada knalpot tidak menimbulkan kebocoran maka perlu dilakukan dengan hati hati dan dalam proses yang benar.

 ➠ Kondensasi Dan Adanya Air Didalam Knalpot
Kondisi terakhir yang menjadi penyebab munculnya kebocoran pada motor adalah karena adanya air didalam knalpot yang memicu terjadinya korosi. Selain korosi, kondensasi atau perbedaan tekanan di dalam knalpot dan dilingkungan luar juga menjadi pemicu terjadinya kebocoran tersebut.


Setelah mengetahui penyebab yang dijelaskan tersebut maka pemilik kendaraan dapat melakukan beberapa upaya pencegahan agar knalpot motor tidak mudah bocor. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan utamanya adalah dengan selalu membersihkan bagian knalpot dari kotoran maupun air serta mengecek kondisinya secara rutin.
Semoga bermanfaat :)

Postingan Populer