Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras

 Masalah pada persneling motor keras yang satu ini memang sudah banyak dialami dan dikeluhkan oleh para pengendara sepeda motor. Tentu, hal tersebut sangat menjengkelkan bukan? Bagaimana tidak, saat sedang asyik melaju tiba-tiba gigi persneling terasa berat dan keras. Tapi, bagi kawan-kawan yang belum tahu cara mengatasi masalah tersebut jangan khawatir. Pasalnya, kali ini kami akan berbagi info mengenai cara mengatasi gigi persneling motor keras yang akan di  jabarkan di bawah ini: Yuk, kita simak bersama ulasannya!

1. Pertama, cara mengatasi gigi persneling motor keras bisa dilakukan dengan menggunakan oli berkualitas atau sesuai dengan standar pabrik. Sebab, oli memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kinerja komponen mesin, tak terkecuali pada persneling gigi. Pasalnya, oli yang memiliki kualitas di bawah standar atau mengental maka akan membuat gigi persneling susah dioper sehingga akan membuat gigi persneling pada mesin pun terpaksa bekerja lebih ekstra.

2. Pengecekan kampas kopling khusus motor berkopling pun menjadi salah satu cara untuk mengatasi gigi persneling motor yang keras. Bahkan, jika tak segera diganti maka akan berakibat fatal pada gigi persneling yang menjadi keras.
Maka dari itu, pengecekan dan penggantian kampas kopling merupakan hal mutlak sebagai salah satu cara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

3. Selain itu, melakukan pemeriksaan pada tali kopling. Perhatikan kekencangan tali kopling, jika dirasa sudah mengendur maka harus diatur kembali agar menjadi lebih ketat. Untuk memperlancar tali kopling agar perpindahan gigi persneling terasa enteng maka bisa dilakukan dengan mencuci tali kopling dengan menggunakan minyak dan sedikit ditambah oli pada tali kopling.

4. Memanaskan mesin sebelum digunakan pun juga sangat dianjurkan agar gigi persneling tidak terasa keras. Sebab, ketika proses pemanasan mesin maka secara tak langsung oli akan melumasi mesin motor, termasuk gigi persneling sehingga ketika dikendarai maka perpindahan giginya pun akan terasa lebih lembut dan enteng.  Sobat bisa melakukan pemanasan mesin ini di waktu pagi hari secara rutin sebelum dikendarai. Dengan begitu, meski terlihat sepele namun memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan langkah efektif sebagai cara mengatasi gigi persneling motor keras.

Jika kita melihat beberapa cara mengatasi gigi persneling motor keras yang disebutkan di atas, tampaknya memang dirasa cukup mudah dan tak terlalu rumit. Bahkan, kawan-kawan bisa menerapkan beberapa tahapan tersebut secara mandiri.
Namun, hal yang paling penting untuk dilakukan yaitu selalu rutin service motor sobat agar segala kerusakan termasuk pada gigi persneling pun bisa diperbaiki atau dicegah sedini mungkin.
Nah, sampai di sini dulu perjumpaan kita ya sob. Semoga ulasan mengenai cara mengatasi gigi persneling motor keras di atas bisa bermanfaat.





Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar