Cari Blog Ini

Tips Ampuh cara Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Aki Motor – Perlu sobat otomotif ketahui bila sebuah motor tidak hanya didukung dengan bahan
bakarnya saja, yang mana akan terdapat beberapa komponen-komponen lain yang memiliki peranan sangat penting disetiap motor.
Bila berbicara soal aki atau Accu diketahui memiliki 2 macam aki yakni aki kering dan aki basah, kedua macam tersebut
memang mampu menyuplai kebutuhan listrik yang dibutuhkan disetiap motor. Pada tips dan cara merawat aki motor yang
kami berikan sangat mudah sekali loh dan hanya mebutuhkan waktu yang sangat singkat.
Mungkin langsung saja Tips dan Cara Merawat Aki Motor agar tetap awet dibawah ini.

1. Cek Ketinggian air aki

Tips dan cara merawat aki motor yang pertama yakni mengecek ketinggian air akinya, apakah masih tinggi atau sudah rendah. Dimana kebanyakan orang yang sering kali lupa akan mengecek keadaan air akinya, sehingga aki pada motor hanya memiliki umur yang pendek atau sering disebut soak. Untuk mengisi air aki juga sangat mudah sekali loh sob, tinggala buka tutup lubang pada kai kemudian masukan air akinya.

2. Nyalakan motor setiap hari minimal 15 menit

Langkah yang kedua ialah dengan cara menyalakan motor setiap hari, minimal sobat menghidupkan motor selama 15 menit. Hal tersebut dilakukan agar komponen-komponen yang mendukung kelistrikan tetap memiliki kondisi baik, yang mana dengan menghidupkan motor setiap harinya akan menghasilkan kelistrikan yang oke meskipun motor sobat jarang digunakan untuk bepergian.

3. Jangan menyalakan starter electrik bila susah nyalakan motornya

Tips dan cara merawat aki motor yang ketiga jangan menyalakan starter elektrik bila motor susah dinyalakan, Sebaiknya sobat memberikan jeda agar suplai energi listriknya berjalan dan apabila tidak nyala juga, lebih baik sobat otomotif menghidupkan motornya dengan kick starter.

4. Cek kondisi kedua terminal aki

Langkah ke empat yakni cek kondisi kedua terminal aki. Bagian tersebut memiliki peran sangat penting untuk mengalirkan seluruh energi listrik kebagian-bagian yang membutuhkan tenaga listrik. Bila tidak sering dibersihkan, kedua terminal aki tersebut akan berkerak putih, sehingga energi yang disalurkan akan tidak maksimal bahkan dapat menyebabkan aki cepat soak.

5. Periksa kondis kiprok motor

Cek kondisi kiprok pada motor sobat, yang mana kiprok memiliki peran sangat penting disetiap kendaraan bermotor. Kiprok sendiri bertugas sebagai regulator untuk menyuplai energi listrik kedalam aki terutama pada tahap pengisian. pada komponen tersebut sangat mudah sekali ditebak bila mengalami kerusakan, salah satunya ialah lampu utama akan redup dan juga tidak stabil.

6. Perhatikan aksesoris pada motor yang menggunakan energi listrik

Tips dan cara merawat aki motor yang terakhir perhatikan aksesoris pada motor yang menggunakan energi listrik, yang mana melebihi kapasitas yang dimiliki oleh aki sehingga aki lebih cepat soak. Seperti halnya penambahan lampu untuk memperindah tampilan motor sobat, selain itu juga penggantian klakson yang melebih batas dapat merusak aki pada motor.

Beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas memang sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama loh sob. Tips dan cara merawat aki motor yang kami sarankan itu sudah kami coba dan hasilnya memang benar adanya, sobat dapat buktikan sendiri dengan beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas.
Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh Cara Merawat Aki/Accu Motor Agar Awet Tahan Lama, semoga tips diatas bermanfaat.



Postingan Populer