Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Kenali Beberapa Penyebab Rantai Kendur

Haloha masbro, kami datang dengan informasi penting yang sayang sekali untuk dilewatkan. Mau tau informasi apa? Yuk, kita simak.

Kebanyakan orang tak peduli dengan keadaan rantai motornya yang sudah menjelang tutup usia alias kendur. Asal masih bisa jalan dan merasa dilindungi oleh Tuhan, mereka langsung tancap gas tanpa ragu. Namun, akibatnya ternyata tidak seindah apa yang ia bayangkan. Motor jadi mogok di tengah jalan karena tidak bisa digerakkan. Maju atau mundur saja enggak bisa apalagi digeser ke pinggir jalan, rasanya butuh superman untuk membantu mengangkat motornya.

Nah, itulah salah satu akibat kalau kita ogah memperhatikan rantai kendur. Komponen tersebut bisa putus sewaktu-waktu kalau sudah terlanjur lelah. Yuk, untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan dibawah ini.



Proses pengencangan rantai yang tidak benar
Hal utama yang membuat rantai cepat kendur adalah cara mengencangkannya tidak benar. Bisa saja karena jarak antara kiri dan kanan arm berbeda. Jika jaraknya berbeda menyebabkan gir bagian depan dan belakang menjadi tidak center. Sehingga menghasilkan suara rantai yang bising karena pergesekan antara rantai dan gir.
Biasanya pemasangan rantai terlalu kencang juga bisa membuat si rantai cepat kendur.



Rantai sangat kering
Rantai motor sangat perlu untuk diberi oli supaya bisa memperkecil terjadinya gesekan dan dapat lebih mudah berputar. Jadi, kalau rantai sudah terlihat kering harus segera diberi oli. Tetapi, sebelum kalian memberikan pelumas, rantai harus dibersihkan terlebih dahulu.

Gas Mendadak
Jika pengemudi mengendarai motornya dengan normal, maka rantai dijamin baik-baik saja. Tapi jika pengendara mengemudikan motornya dengan banyak gaya, misalnya tiba-tiba jalan dan mengerem mendadak ya rantai bisa collapse seketika. Ingat bahwa kalian bukan Valentino Rossi yang bisa ugal - ugalan lalu mendadak berhenti. Yang pasti tetap berhati - hati dalam berkendara ya masbro.

Beban muatan yang terlalu berlebihan
Selain faktor teknis, ada juga penyebab lain yang bisa membuat rantai cepat mengendur, yakni beban muatan yang ditopang motor terlalu berlebihan.Jadi, jangan terlalu sering menggunakan motor dengan berboncengan. Namun, jika motor memang harus dikendarai oleh dua orang, rantai harus diperiksa secara berkala. Jangan sampai rantai mengendur dan bisa bikin kalian celaka.




Kondisi jalan yang rusak
Kalau kalian sering melewati jalan yang menanjak atau menurun seperti lika liku kehidupan, maka jangan heran jika rantai bisa longgar. Ini disebabkan permukaan jalan yang tidak rata sehingga rantai harus bekerja lebih keras.

Ya, itu tadi beberapa penyebab rantai kendur. Jadi, masbro harus tetap berhati - hati dalam berkendara ya. Cek secara berkala kendaraan Anda, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sayangi tubuhmu cek kendaraan tiap waktu (bernada 😃)

Sampai jumpa masbro, dengan lebih banyak lagi informasi yang berkaitan dengan dunia otomotif. Terimakasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar