Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Cara Mudah Merawat Motor

Di Indonesia, trend penggunaan motor matic memang sudah masif. Baik perempuan ataupun laki-laki sudah lazim menggunakan motor tersebut, hingga pangsa pasarnya pun mengalahkan motor bebek dan motor sport.

Sayangnya, banyak masyarakat kita hanya bisa mengendarai motor saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matic. Motor baru ataupun bekas, nyatanya perlu perawatan untuk membuat kendaraan ini tetap awet. Tidak perlu disesali, nyatanya tidak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik.

Berikut ini sedikit tips bagaimana cara merawat motor yang baik dan benar :

Rutin panaskan mesin motor di pagi hari
Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal.

Ganti oli secara berkala
Perawatan motor matic yang satu ini tergolong hal paling penting, untuk itu sebagai perawatan lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan rutin setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang anda miliki.

Jangan Kehabisan Bensin
Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sampai kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti dijalan karena bensin habis  karena dapat merusak mesin motor tersebut

Cehck kondisi vanbelt dan roler
Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi. Gunakan vanbelt yang original agar terjamin keawetannya.

Perawatan AKI
Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami Mati AKI. Oleh karena itu,  disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Stabilkan Kecepatan Gas
Biasanya hal ini sering dilakulan oleh pengguna motor matic, yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin.

Ganti Oli Shockbreaker
Oli juga memang tak hanya terdapat pada mesin motor saja, namun oli juga terdapat pada shockbreaker. Oleh karena itu perlu adanya pergantian dengan tujuan tak lain agar kondisi shock motor tetep berfungsi secara normal.

Servis rutin di bengkel
Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

Gunakan Bensin Berkualitas
Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Nah, bagaimana tipsnya? Sederhana dan mudah bukan. Mari sayangi dan rawat motor Anda, sebagaimana Anda menyayangi diri Anda sendiri.








Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar