Cari Blog Ini

Cara mengatasi motor mogok karena hujan

           => [Tips Jitu] Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Hujan “Wajib Baca” <=




[Tips Jitu] Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Hujan – Dalam hal ini musim hujan belum mencapai puncak tapi sudah banyak jalanan dan sekitarnya yang terendam air. Jalanan yang tergenang dan hujan deras ialah musuh utama para pengguna jalan terutama sepeda motor.
Bagaimana cara mengatasi motor mogok akibat melintasi diatas genangan? simak tipsnya berikut ini:

Periksa Kondisi Busi
Busi ialah salah satu onderdil tersensitif sepeda motor, ketika terkena air, busi tidak akan bisa berfungsi sebab onderdil tersebut bertugas untuk memantik api yang berguna untuk menyalakan mesin kendaraan. Ketika motor mogok, lekaslah periksa kondisi busi. Copot busi dan segera sumbat lubang busi dengan kain kering.



Periksa Knalpot
Setelah memeriksa busi, coba periksa knalpot. Setelah menerjang genangan, mungkin air masuk ke knalpot sehingga menyebabkan mogoknya kendaraan. Untuk menguras air dalam knalpot, standarkan motor dengan menggunakan standar tengah. Bila air sudah keluar, teteskan oli ke dalam knalpot agar terhindar dari karat.

Periksa Karburator
Karburator juga harus diperiksa ketika motor tiba-tiba mogok setelah melintasi genangan. Memeriksa karburator tidak berarti harus membongkarnya, kita hanya perlu membuang air yang masuk ke saluran bensin dalam karburator.

Panasin Mesin
Sepeda motor akan mengalami “kedinginan” setelah diterpa hujan, kondisi ini bisa pula mengakibatkan motor yang tiba-tiba mogok. Untuk memanaskan mesin, starter sepeda motor dengan menggunakan kaki “engkol” dalam kondisi mati 4-5 kali.


Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Hujan, semoga dengan adanya
ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂












Postingan Populer