Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

5 Masalah yang Sering Dialami oleh Motor Matic dan Cara Mengatasinya


Para cewek yang nggak paham soal motor, kadang suka acuh nggak acuh dengan kondisi motor matic-nya. Dulu pun saya sempat seperti itu. Selama rutin diisi bensin, angin, dan olinya diganti, pasti motor bakal baik-baik saja. Padahal, perawatan motor matic nggak sesederhana itu, lho!
Ada baiknya, kamu rutin untuk melakukan perawatan di bengkel, agar motor matic nggak mengalami masalah. Sebenarnya, apa saja masalah yang sering dialami motor matic? berikut kejelasannya;

1. Rem kurang cakram

Harus rutin mengecek kondisi kanvas rem. Banyak banget kasus kanvas rem habis dan bikin rem nggak lagi cakram. Takutnya, kalau rem sampai blong dan terjadi hal yang nggak diinginkan.

2. Tarikan gas terasa berat

Kondisi ini terjadi karena kondisi filter udara sangat kotor dan dipenuhi oleh debu dan kotoran. Makanya, perlu rutin mengecek kondisi filter udara. Ada dua tipe filter udara yang beredar di pasaran yaitu tipe basah dan kering. Kalau basah lebih tahan lama, tetapi kalau rusak harus langsung diganti.

3. Gampang panas

Saat sirkulasi oli di mesin tersumbat, maka mesin bisa overheat. Saking panasnya, ring priston akan mengering dan bikin mesin motor mati. Lalu, bagaimana untuk mengatasinya?
Kamu bisa mencoba cara yang saya pakai yaitu menunggu mesin dingin. Kemudian, lepas gusi dan masukan oli ke lubang gusi.
Cara ini terbukti ampuh untuk melumasi priston. Baru deh bisa dinyalakan  dengan starter elektrik.

4. Tarikan gas kurang lancar

Jika terlalu sering dipakai, bisa saja tarikan gas menjadi kurang lancar. Karena tarikannya yang nggak lancar, kecepatan motor pun jadi nggak stabil dan kurang nyaman dikendarai.  kondisi ini bisa terjadi karena tersumbatnya tutup tangki. Lalu, sirkulasi udara pun menghilang dan mempersulit mengalirnya bahan bakar , segera bersihkan tutup tangki dan pastikan nggak tersumbat. Cara membersihkannya bisa datang ke bengkel resmi atau membersihkannya pakai kompresor.
Setelah ini, tarikan gas jadi mudah dan nggak seret lagi.

5. Mesin mendadak mati

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat? Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi kurang dan bikin motor matic-mu suka tiba-tiba mendadak mati.
Untuk mengatasi masalah tersebut, segera bawa motor matic-mu ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah untuk klep ini berbeda-beda lho! Biar gak salah, kamu memang wajib melakukan pengaturan langsung ke bengkel.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat buat kalian semua dan terimakasih sudah berkunjung di halaman web kami "SALAM SOBAT OTOMOTIF"







Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar