Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Mengenal Jenis-Jenis Aki


Halo Sobat Masbro7 apa Kabar? Semoga Kalian Dalam Keadaan Sehat ya !
Nah Dikesempatan Kali Ini Kita Akan Bahas Mengenai Jenis Aki Sobat.
Yuk Simak Artikel Berikut Ini...

Aki termasuk elemen elektrokimia yang dapat mempengaruhi zat pereaksinya, sehingga disebut elemen sekunder. Kutub positif aki menggunakan lempeng oksida dan kutub negatifnya menggunakan lempeng timbal, sedangkan larutan elektrolitnya adalah larutan asam sulfat.

Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai “baterai” mobil/motor.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Accu atau AKI pada sepeda motor ? Secara sederhana, Aki motor menggunakan reaksi kimia untuk melakukan discharge dan recharge. Saat aki melepas arus, terjadi reaksi kimia menjadi arus listrik. Dan saat recharge/Aki diisi, arus listrik akan mengembalikan reaksi kimia ke keadaan semula.

Adapun Fungsi Dari Aki Yakni Aki akan menyuplai energi listrik pada starter untuk menghidupkan mobil. Listrik pada aki mengalir ke sistem starter lalu akan memutar flywheel untuk menjalankan mesin. Aki berfungsi sebagai sumber energi listrik utama komponen-komponen mobil.

Jenis-Jenis Aki Sendiri Ada Beragam.Ada Aki Kering, Aki Basah, Aki Hybird,Aki Kalsium, Aki Gel, Aki MF AGM

Nah Kali Ini Masbro7 Akan Jelasin Tentang Spesifikasi Masing-Masing Aki.
Simak Penjelasan Berikut Ini...

1. Aki Kering

Contoh Aki kering

Walau disebut aki kering atau maintenance free (MF), ternyata isinya juga cairan elektroda namun dalam bentuk gel yang padat. Hal ini jadi poin keunggulannya karena tak ada ritual isi ulang air aki.

Kelebihan Aki Kering :Perawatan lebih mudah. Anti tumpah dan bocor jika terkena guncangan. Mudah di-charge.
Usia Aki Kering Rata-rata masa pakai aki kering mobil bisa berkisar antara 2 hingga 5 tahunan. Kemudian ini akan berbeda antara satu mobil dengan mobil lain. Pasalnya mesin yang berjalan pada bagian bawah kap mesin mampu menghasilkan panas tingkat yang tinggi.

2. Aki Basah

Contoh Aki Basah

aki basah menggunakan cairan yang lebih encer dengan kandungan asam sulfat serta air demineralisasi di dalamnya. Cairan ini lebih mudah menguap sehingga diperlukan pengecekan secara berkala untuk mengisi ulang volume air aki.

Kelebihan Aki Basah:Harga relatif lebih murah. Mudah diisi ulang. Dapat lebih awet jika diterapkan perawatan yang tepat.
Umumnya umur aki kering maupun basah pada mobil adalah sekitar 2-5 tahun. Untuk pemakaian normal, biasanya aki akan bertahan 1-3 tahun.

3. Aki Hybird

Contoh Aki Hybird

Aki mobil ini disebut jenis hybrid karena teknologi yang diusungnya gabungan sifat aki konvensional alias aki basah dan Maintenance Free (MF) alias aki kering.Aki hybrid masih menggunakan cairan elektrolit seperti aki mobil konvensional, namun kadar penguapannya sangat minim.
Berbeda dengan aki konvensional, aki hybrid sudah diisi cairan sejak dari pabrik dan memiliki setrum sehingga bisa langsung digunakan seperti aki kering atau MF.Kandungan kimia pada aki mobil jenis ini hasil kombinasi aki biasa dan aki kalsium. Aki ini tidak perlu perawatan yang terlalu rutin dan tingkat penguapannya sangat minim.

4. Aki Kalsium 

Contoh Aki Kalsium

Berbeda dengan ketiga jenis aki sebelumnya, kutub aki ini terbuat dari material kalsium. Aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih minim daripada aki pada umumnya. Selain itu, daya tahan baterai aki kalsium sangat baik dalam menyalurkan listrik.

Aki Kalsium hadir dengan tiga keunggulan utama yaitu kapasitas ampere lebih besar (80 ampere), tenaga listrik lebih besar, dan usia baterai yang tahan lama.

5. Aki Gel

Contoh Aki Gel

Sama halnya dengan aki gel, jenis sumber daya ini juga tak membutuhkan perawatan. Hanya saja material yang terkandung di dalamnya bukanlah air melainkan gel. Penggunaan material tersebut,  memberikan keuntungan khususnya dalam meminimalisir penguapan. Keuntungan tersebut memberikan efek domino, yaitu aki gel dapat diposisikan dalam berbagai sudut dan usia pakai lebih lama.

Kelebihan Aki Gel: aki gel bisa diletakkan dalam posisi apa saja,timah yang ada di dalam aki kering gel lebih awet.

6. Aki MF AGM

Contoh Aki Mf AGM

MF AGM adalah singkatan dari maintenance free absorbent glass mate. Keunggulan jenis aki MF AGM adalah adanya teknologi yang membuat air aki terperangkap di dalam separator khusus.

Kelebihan aki motor maintenance free (MF) yang paling jelas yaitu bebas perawatan karena tak perlu mengecek ketinggian airnya, Selain itu, penggunaannya yang praktis pun menjadikan kelebihan aki MF ini bernilai positif. Sehingga, banyak juga konsumen yang menyukai tipe ini.


Nah Gimana Sobat Sudah Mengerti Bukan?
Semoga Artikel Kali Ini Berguna Ya sobat...
Salam Hangat Dari Kami Sobatt byeeee...




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com