Cari Blog Ini

Cara Mudah Menghidupkan Motor Matic Yang Mogok

 Cara Mudah Menghidupkan Motor Matic Yang Mogok



Motor mogok masih menjadi masalah yang ditakuti oleh beberapa pemilik motor saat sedang bepergian, apalagi motornya matic yang letak mesinnya tersembunyi. Lantas, bagaimana cara memperbaiki motor matic yang mati medadak?

Saat ini motor matic sudah memenuhi jalanan di Indonesia, alasanya jenis motor ini cukup pupuler karena mudah dioperasikan dan cukup diminati khususnya kaum hawa. Tapi, sama seperti jenis motor lain, skuter matik juga bisa mengalami mesin mati total atau mogok. Terkadang masalah ini juga cukup meresahkan bagi kita karena saat enak-enak berjalan tiba-tiba motor mati secara mendadak. Lantas apa penyebabnya ?
1. Busi rusak
2. Injektor bermasalah
3. Karburator bermasalah.
4. Kiprok mati
Dari beberapa hal diatas, penyebab pertamalah yang sering kita alami. Yakni mengenai busi rusak. Bagaimana prosedur memperbaiki masalah ini? Simak selengkapnya dibawah
Cara Mengatasi Motor Matic yang Mogok
Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan saat motor matic tiba-tiba mati. Langkah awal anda jangan panik, cukup pinggirkan motor anda dan gunakam standar tengah.
Untuk menghidupkan motor yang mogok, kita perlu menganalisa penyebabnya dan memperbaiki penyebab tersebut. Langkahnya ada dibawah
1. Cek Fungsional Pompa Bensin (EFI)


Pada mesin injeksi, keberadaan pompa itu diperlukan untuk membangkitkan tekanan bahan bakar. Letak pompa ini ada didalam tanki.
Cara pengecekannya yakni dengan memutar kunci kontak ke posisi ON. Jika fuel pump berfungsi seharusnya terdengar dengungan motor didalam tanki. Namun, jika tidak ada suara motor bisa saja itu penyebabnya.
Solusinya anda harus membongkar pompa dan membersihkannya. Jika ternyata ada kerusakan atau kabel yang terputus maka bisa dilakukan penyambungan atau penggantian. Namun jika fuel pump berfungsi lanjut ke langkah kedua.
Saat kunci kontak pada posisi ON, anda juga bisa melihat indikator check engine. Indikator ini akan hidup saat ada masalah kelistrikan mesin. Sehingga jika ada masalah terkait sistem efi harusnya indikator ini menyala.
2. Periksa Kelistrikan Motor


Baterai fungsinya untuk menyuplai arus listrik mesin dan body. Saat mesin hidup kebutuhan kelistrikan mesin diambil alih oleh altenator dan kiprok. Tapi, saat salah satu komponen ini rusak maka tidak ada suplai listrik ke baterai.
Hasilnya saat dalam posisi jalan motor medadak mati, cobalah untuk melakukan pengecekan kelistrikan seperti lampu atau klakson. Jika tidak berfungasi, maka anda harus mengatasi penyebab diatas.
Anda harus melakukan pembongkaran komponen altenator atau kiprok untuk mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan. Bisa saja terdapat didalam kiprok atau ada kabel altenator yang putus.
Namun jika kondisi elektrikal masih berfungsi normal, lanjut ke langkah berikutnya.
3. Periksa Volume Bensin


Meski terdengar sepele ini juga bisa menyebabkan motor mogok ditengah jalan. Mungkin anda sendiri pernah mengalaminya.
Jangan hanya melihat indikator fuel meter di dashboar. Karena bisa saja ada kerusakan fuel meter gauge. Cobalah untuk mengeceknya secara manual, dengan membuka tutup tanki dan melihat bensin secara langsung.
Jika ternyata masih, lanjut ke langkah dibawah.
4. Lakukan Pemeriksaan Busi Dan Pengapian


Jika ketiga pemeriksaan diatas telah anda lakukan dan ternyata hasilnya baik, selanjutnya kita akan melakukan sedikit pembongkaran. Untuk itu siapkan alat tempur anda berupa obeng dan kunci busi.
Buka busi motor untuk mengetahui kondisinya. Motor matic memang lebih rumit karena mesinnya terletak di bawah jok. Sehingga kita harus membuka covernya terlebih dahulu.
Gunakan kunci busi dan obeng untuk membuka busi. Saat busi terlepas, periksa kondisinya. Jika kondisi busi basah, itu bisa menandakan busi yang telah mati. Sebuah busi bisa basah bukan karena air tapi bahan bensin yang menempel disekitar elektroda busi akibat tidak terbakar.
Namun, jika kondisi busi kering serta hitam hal itu bisa menandakan adanya masalah pada karburator. Saat busi memercikan api namun tidak terdapat bensin di ruang bakar, sama saja tidak akan terjadi pembakaran.
5. Pengecekan Karburator


Untuk lebih memastikannya, coba sela motor anda saat kondisi kunci kontak ON. Sebelumnya, busi dibiarkan untuk terlepas sehingga lubang busi tetap terbuka.
Saat satu dua kali sela, harusnya anda bisa mencium bau bensin dari lubang busi. Jika ternyata hanya udara dan tidak ada bau bensin maka aliran bensin dari karbu tidak keluar.
Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan overhoule karburator. Kegiatan ini cenderung rumit, alat yang dibutuhkan juga bermacam-macam.
Perlu diingat, mesin itu bisa bekerja karena ada tiga element. Yakni udara bensin dan api. Jika mesin belum kunjung hidup, maka ada satu dari tiga element tersebut yang belum terpenuhi.



Demikian artikel singkat kita, tentang Cara Menghidupkan Motor Matic Mogok semoga bisa bermanfaat:)

Postingan Populer