Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Bukan Cuma Masalah Aki, Ini Penyebab Lain Motor Sulit Distarter


Motor baru keluaran pabrikan saat ini umumnya sudah menggunakan komponen elektrik starter, di mana pemilik kendaraan hanya perlu tinggal pencet tombol untuk menyalakan sepeda motor tanpa harus menggunakan kick starter. Meski begitu, tidak jarang pemilik kendaraan yang mengeluhkan motor tidak kunjung menyala walau tombol starter sudah ditekan berkali-kali. Saat kondisi ini terjadi, biasanya pemilik kendaraan langsung menebak hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada komponen aki atau accu. Padahal, ada beberapa penyebab starter elektrik sulit menghidupkan mesin. 

1. Aki 



Pertama adalah komponen aki. Aki yang sudah lemah tidak akan mampu menyuplai listrik dengan maksimal. “Cara mengetahuinya dengan menekan tombol klakson, atau lampu sein. Kalau tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya soak,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/7/2020). Minimal daya aki yang dibutuhkan untuk memutar kruk as adalah 11 volt, di bawah itu tidak akan bekerja secara maksimal. 

2. Masalah pada kabel 



“Penyebab kedua adalah adanya kerusakan pada komponen kabel dan soket di dalam bodi motor. Umunya kerusakan ini dibebakan karena korsleting atau putus karena gigitan tikus,” kata saya. 

3. Dinamo 



starter Kerusakan pada dinamo starter ini memang jarang terjadi karena komponen tersebut didesain memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Umumnya, usia pakai pada kendaraan yang mempengaruhi kinerja dinamo starter. Kalau sudah mengalami kerusakan, pemilik kendaraan bisa melakukan servis ke spesialis dinamo atau mengganti dengan yang baru. “Untuk proses penggantian sebaiknya dilakukan dibengkel resmi oleh mekanik handal, sebab jika tidak dipasang sempurna, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada bagian lainnya. ” ucap saya.

4. Busi lemah 




Komponen lain yang bisa menjadi penyebab motor sulit distarter adalah busi yang sudah lemah. Baca juga: Alasan Mesti Pakai Kampas Rem Motor Orisinal “Busi yang usang memiliki waktu yang lebih sulit untuk menciptakan pecikan api. Jadi, jika kepala busi (elektroda) sudah aus dan kotor, maka percikan api juga pasti lemah,” kata saya. 

5. Kebocoran kompresi



Bagi motor yang masih memiliki kick starter, cara mengeceknya adalah dengan melepas busi, lalu tutup lubang busi dengan ibu jari. “Kemudian lakukan starter menggunakan kick starter. Jika tekanan pada kick starter terasa los, berarti ada kebocoran di kompresi motor, bisa karena klep-nya bocor atau ring pistong dengan dinding silinder ada kebocoran juga.” ucap saya.




Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar