Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

9 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas & Cara Mengatasi


FAKTOR MESIN SEPEDA MOTOR OVER HEAT | Nusantara Sakti


 Memiliki sepeda motor dengan usia pakai yang sudah lama biasanya akan menimbulkan banyak masalah pada performa mesin dan juga masalah lain seperti overheat atau panas yang berlebih pada bagian mesin. Keadaan ini biasanya akan datang secara tiba-tiba dan tidak bisa di prediksi. Dengan kondisi mesin yang panas, tentu akan membuat kinerja mesin tidak maksimal.

Overheat atau panas yang berlebih pada mesin motor merupakan tingkatan suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin tersebut. Yang dimana biasanya hal ini disebabkan oleh banyak faktor termasuk sirkulasi oli yang kurang baik, kualitas oli yang tidak sesuai dengan karakter mesin serta hilangnya pendinginan pada mesin motor tersebut.

Berbeda dengan motor keluaran terbaru saat ini. Kita tahu bahwa teknologi yang ada sudah membuat beberapa solusi untuk meredakan panas mesin motor yang berlebih. Salah satunya dengan menanamkan sensor ECU (Electronic Control Unit). Yang dimana sensor ini akan bekerja untuk menyelaraskan kinerja dari komponen pendingin mesin secara maksimal.

Dan berikut adalah beberapa faktor atau penyebab yang biasanya sering menjadi penyebab mesin motor mengalami overheat.

1. Telat Ganti Oli
Awas! Jangan Mengisi Oli Mesin Melebihi Takaran, Kalau Enggak Mau Motor  Jadi Begini - Motorplus
Salah satu penyebab yang mungkin sering terjadi pada mesin motor yang cepat panas adalah kondisi oli yang sudah tidak layak pakai atau kotor. Kondisi ini biasanya terjadi karena kalian telat ganti oli motor sehingga kualitas oli yang ada didalam mesin sudah tidak baik. Dengan kondisi oli tersebut, sudah pasti kinerja mesin akan terhambat.


2. Kipas Pendingin Rusak
Kipas di Motor Matic Tidak Boleh Diganti Sembarangan, Rawan Jebol!
Tidak hanya ada pada sistem pendingin mobil, pada motor dengan sistem pendinginan berupa radiator juga ada yang namanya kipas pendingin. Kipas tersebut akan secara otomatis berputar apabila suhu mesin sudah mulai melebihi batas normalnya.

Ketika kipas tersebut tidak berputar dengan semestinya sudah bisa dipastikan ini menjadi penyebab mesin motor cepat panas. Tidak berputarnya pendingin ini juga disebabkan beberapa faktor seperti kipas mati atau juga bisa disebabkan karena rangkaian kipas yang terputus.

3. Sensor Suhu Bermasalah
sensor EOT temperatur panas oli beat fi esp.scoopy fi esp di lapak alif  shop | Bukalapak
Penggunaan sensor suhu pada jenis motor terbaru yang ada saat ini merupakan salah satu kelebihan. Pasalnya pada jenis tersebut ada sebuah sensor bernama ETC (Enginge Coolant Temperature) yang akan langsung menginformasikan kondisi suhu pada sensor ECU dan akan langsung membuat ECU mendinginkan mesin motor.

Maka dari itu kondisi ECU yang rusak juga akan menjadi salah satu penyebab mesin motor cepat panas. Dengan begitu ada baiknya selalu rutin untuk melakukan service agar semua permasalahan yang ada pada sepeda motor kalian akan tetap bekerja secara normal.

4. Sirkulasi Oli Kurang Baik
Memahami Bagaimana Sirkulasi Oli Mesin Mobil – OtomoTrip
Bagi kalian para pecinta otomotif tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Oil Coolant. Dimana komponen tersebut biasanya digunakan pada sepeda motor Suzuki Satria karbu. Yang dimana fungsi dari komponen tersebut hampir sama seperti radiator motor.

Yaitu sebagai pendingin oli mesin yang panas. Maka dari itu ketika kondisi sirkulasi oli yang kurang baik, juga akan menjadikan mesin motor cepat panas. Dan tidak bekerjanya sirkulasi oli mesin tersebut jelas akan menghambah proses pendinginan mesin motor sehingga suhu akan meningkat dengan cepat.

5. Oli Mesin yang Tidak Cocok
Jangan Tunggu Mesin Jebol, 4 Pilihan Oli Mesin Motor Sport Yamaha Ini Bisa  Jadi Rekomendasi, Mulai Rp 40 Ribuan - Semua Halaman - Motorplus
Kita semua tahu bahwa yang namanya oli mesin memiliki sebuah standar khusus didalamnya. Standarisasi tersebut tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk membuat mesin motor yang menggunakan jenis oli tersebut akan cepat mereda panasnya.

Namun sebaliknya, apabila penggunana oli motor yang tidak tepat atau menggunakan jenis oli mesin yang tidak direkomendasikan tentu akan menjadikan kondisi mesin pada sepeda motor akan cepat panas. Solusinya yaitu selalu gunakan oli dengan standarisasi mesin.

6. Sering Membawa Beban Berat
Pemudik Motor Tidak Boleh Membawa Muatan Berlebihan - Saya Ajarkan
Penyebab mesin motor cepat panas yang lainnya juga bisa datang dari aktivitas motor itu sendiri. Bukan hanya dilihat dari jarak tempuhnya, namun kondisi mesin motor yang sering panas juga bisa di sebabkan karena seringnya membawa beban berat.

Yang dimana ketika beban tersebut tetap kalian angkut menggunakan motor maka akan membuat beban piston untuk bergerak naik dan turun semakin besar. Saat itu terjadi, maka akan membuat rpm mesin kecil dan membuat mesin akan semakin panas.

7. Mesin Bekerja Dalam Waktu yang Lama
6 Penyebab Turun Mesin Motor Dan Ciri-Cirinya - MOLADIN
Tidak bisa di elakan, kondisi mesin motor yang cepat panas juga bisa di karenakan karena penggunana mesin yang berlebihan. Salah satu contohnya ketika kalian melakukan touring atau mudik dengan menempuh jarak yang begitu jauh.

8. Settingan Bahan Bakarnya Terlalu Irit

Adapun penyebab mesin motor kalian cepat panas juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada setingan bahan bakar yang terlalu irit. Setingan ini dapat kalian atur sesuai dengan keinginan pada bagian karburator motor.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini mungkin kalian perlu mengatur sekrup setelah stationer (Udara) yang terdapat pada bagian karburator untuk sedekat mungkin ke arah brebet.

9. Busi Rusak Atau Tidak Sesuai Rekomendasi
Gimana Sih Ciri Ciri dan Gejala Busi Motor Yang Soak? | KobaYogas.COM -  Your Automotive Blog
Kita semua tahu bahwa bisnis busi ada dua jenis yang perlu untuk kalian pahami. Yaitu busi dingin yang sering dijumpai pada motor-motor balap dan yang kedua adalah besi panas yang kita dapat jumpai pada motor.

Pastikan bahwa kondisi busi pada motor kalian benar-benar masih bagus. Jika ternyata sudah aus atau bahkan sudah rusak silahkan ganti busi tersebut dengan busi motor baru.

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Setelah mengetahui beberapa penyebab mesin motor cepat panas seperti kami tulis diatas. Tentunya kalian juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Dengan begitu ketika kalian mengalami masalah overheat pada mesin motor yang, kalian bisa dengan mudah memprediksi bagian mana yang rusak dan harus di perbaiki.

Dari beberapa cara tersebut, berikut ini rangkumkan beberapa diantaranya.


  1. Selalu usahakan mengganti oli mesin secara teratur dan benar dengan melihat standar oli yang dipakai. Jika kalian menggunakan motor Yamaha, maka gunakanklah oli Yamalube, atau jika kalian menggunakan motor Suzuki gunakanlah oli SGO.
  2. Jangan paksakan motor untuk beklerja diluar batas kemampuannya.
  3. Selalu panaskan terlebih dahulu mesin motor sebelum kalian gunakan.
  4. Apabila digunakan untuk berkendara jauh, jangan lupa istirahatkan terlebih dahulu motor kalian apabila sudah terlalu panas.
  5. Apabila menggunakan liquid Coolant, periksa volume air radiator motor tersebut.




Demikian kiranya pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin motor cepat panas lengkap dengan panduan cara mengatasi mesin motor yang cepat panas
Semoga Bermanfaat


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar