Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

8 Komponen Motor Matic yang Harus Diganti Berkala, Tak Hanya Oli dan Kanvas Rem

Selamat Pagi 

Buat kamu pengguna matic ini dia 8 komponen yang harus diganti secara berkala 

Penasaran?

Simak Yuk !!!



Pengguna motor matic saat ini memang lebih banyak dibanding pengguna motor persneling. Wajar saja karena motor matic lebih mudah digunakan dan hemat bahan bakar. Namun, jangan asal menggunakan saja karena ada beberapa komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Komponen motor matic yang harus diganti secara berkala tak hanya oli dan kanvas rem. Masih ada busi, ban, van belt, dan lain sebagainya. Perawatan ini jelas akan sangat berpengaruh pada keselamatan pengguna dan kesehatan motornya.

Memerhatikan komponen motor matic yang harus diganti secara berkala penting sekali dilakukan. Apalagi bagi pengguna sepeda motor yang kerap melakukan perjalanan jauh. Performa motor matic harus selalu dijaga agar bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama juga

Nah berikut,ulasan komponen motor matic yang harus diganti secara berkala dari berbagai sumber

1.Oli dan Busi

Oli


Oli mesin termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Oli merupkan komponen yang memiliki peran cukup penting, yakni sebagai pelumas mesin. Tanpa pelumas mesin, pastilah sepeda motor tak bisa berjalan karena kerja mesin terhambat.

Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki peran sebagai pendingin sepeda motor. Pilihlah kekentalan oli yang disesuaikan dengan spesifikasi motor maticnya. Lakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali, namun lebih baik diganti setiap bulan.


Busi


Busi adalah salah satu komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Kondisi busi motor yang baik akan sangat memengaruhi kinerja mesinnya. Apalagi peran busi adalah sebagai komponen utama pengapian motor matic. Fungsi dari busi ini adalah untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran. Pembakaran ini dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar.

Busi merupakan komponen motor matic yang sangat vital. Pabrik motor juga merekomendasikan untuk selalu mengganti busi setelah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km sampai 50.000 km. Akan lebih baik lagi jika mau melakukan perawatan pada setiap bulannya.


2Aki dan Lampu


Aki


Aki termasuk komponen yang berperan mengatur kelistrikan motor matic. Jadi, wajar saja jika aki termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Motor matic pasti akan mogok jika aki bermasalah dan tidak segera diganti. Aki yang terawat dan normal, pasti akan membuat motor maticmu bekerja dengan maksimal.

Aki motor matic biasanya akan bertahan 3-4 tahun dan hal ini sangat bergantung pada pemakaian motor maticnya. Apalagi jika motor maticnya menggunakan aki basah, pastikan kondisi airnya stabil. Siasati dengan lebih rajin mengecek kondisi aki setiap bulannya.


Lampu


Lampu motor matic memang terdengar sangat sepele dan bukan masalah serius. Sebab lampu tidak memengaruhi kerja mesin motor. Padahal lampu sebenarnya termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Lampu yang mati pasti akan memengaruhi pengguna sepeda motornya. Taruhannya nyawa dan sangat berisiko membahayakan keselamatannya di jalan saat menggunakannya. Pastikan untuk mengganti lampu setiap 1.5-2 tahun sekali.



3.Kanvas Rem dan Filter




Kanvas Rem

Selanjutnya adalah kanvas rem. Kanvas rem jelas termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Kanvas rem yang sudah aus akan memengaruhi kinerja motor maticnya. Motor matic bisa saja berbahaya digunakan jika remnya tak berfungsi dengan baik.
Lakukan juga pemeriksaan pada kaki-kaki kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki usia pakai yang pendek. Misalnya saja seperti tie rod, suspensi, dan bushing.

Filter


Filter motor matic harus diperhatikan betul. Filter motor matic yang bermasalah akan sangat memengaruhi kinerjanya. Bahkan bisa sampai merusak motor matic secara perlahan.

Filter ini termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala karena usianya pendek. Filter ini filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter ini harus diganti ketika sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.


4.Van Belt dan Ban

Van Belt


V-belt disebut sebagai komponen penunjang dalam performa motor matic. Tak heran jika van belt termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Apalagi debu pada filter udara saat motor sedang berjalan akan sangat mempengaruhi usianya. Pastikan untuk siap mengganti v-belt setiap 25.000 km.

Ban


Ban juga termasuk komponen motor matic yang cukup vital. Memang tidak memengaruhi kerja mesin, tetapi akan memengaruhi keselamatan penggunanya. Ban yang sudah halus pasti akan memperbesar risiko tergelincir penggunanya.

Ban motor matic adalah komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Apalagi jika pattern dan teksturnya tidak lagi berfungsi dengan baik. Pastikan untuk menggantinya paling tidak tiga tahun sekali atau batas maksimal pemakaian 40.000 km. 


Tips Perawatan Motor Matic


Memanaskan

Memanaskan motor adalah sebuah cara yang sering dilakukan ketika pagi hari sebelum digunakan. Merawat motor matic dengan memanaskan mesin bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin menjadi lebih maksimal.

Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 sampai 10 menit. Sebaiknya menggunakan kick stater saja. Jika menggunakan stater elektrik tentu akan lebih banyak mengurangi baterai motor tersebut. Apabila dirasa sudah cukup, jangan lupa untuk tarik ulur gas agar oli cukup panas dari mesin motor.

Berkendara Baik

Tips kedua yang sering diabaikan untuk merawat mesin matic injeksi adalah cara mengendarai mesin dengan baik. Jangan terlalu sering mengendarai mesin dengan cara dilaju dengan kecepatan tinggi, dan mengerem secara tiba-tiba kemudian mesin kembali dilaju dengan kecepatan tinggi lagi, atau sebaliknya. Jika hal ini sering kamu lakukan, maka mesin matic kamu akan memiliki usia yang tidak panjang dengan individualized structure lain cepat rusak.

Kondisi Bahan Bakar

Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran. Walaupun tidak banyak, kamu perlu untuk berhati–hati. Kualitas bensin sangat memengaruhi kualitas mesin motormu.

Untuk itu sebaiknya kamu mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat–tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Apabila yang dijual bensin murni maka motormu akan aman, namun sebaliknya jika bukan bensin murni maka akan mengakibatkan bahaya bagi motormu.

Kecepatan Stabil

Tips kali ini biasanya sering dilakukan oleh pengguna motor matic, yakni ketika motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba–tiba menurunkan gas. Begitu pun sebaliknya, saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung digas. Tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang tidak stabil tidak hanya akan merusak mesin, namun sampai juga bisa merusak vanbelt motor.



Demikian Informasi diatas 
Semoga Bermanfaat!



Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar