Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Komponen Rem Cakram Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Komponen Rem Cakram – Kendaraan memiliki berbagai komponen yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Salah satu sistem yang sangat penting pada kendaraaan adalah sistem pengereman. Sistem pengereman merupakan suatu komponen penting pada kendaraan dalam keselamatan berkendara. Hal tersebut dikarenakan sistem ini berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Sistem pengereman itu sendiri terbagi atas dua macam, yaitu rem tromal dan rem cakram. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari lebih jauh tentang rem cakram.
  • Pengertian Rem Cakram

Komponen Rem Cakram Motor dan MobilRem cakram merupakan perangkat pengereman pada kendaraan yang tersusun dari piringan yang terbuat dari logam. Piringan logam akan dijepit oleh kampas rem  yang didorong oleh sebuah torak yang berada dalam silinder roda. Dala menjepit piringan ini, kampas rem membutuhkan tenaga yang kuat karena piringan ini sangat kuat pula. Oleh karena itu rem cakram telah dilengkapi dengan sistem hidrolik.

  • Fungsi Rem Cakram

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa rem cakram merupakan sistem pengereman yang bekerja dengan cara menjepit piringan cakram yang terpasang pada bagian roda kendaraan untuk mengurangi dan menghentikan putaran pada roda kendaraan. Sistem rem cakram ini memiliki penampang rem yang lebih kecil dibanding sistemlainnya namun memiliki daya gersek sangat kuat yang saling menekan gaya gesekan sehingga proses pengereman lebih efektif. Maka dari sistem ini diklaim lebih sederhana dan lebih responsif dibandingkan dengan jenis rem yang lainnya.

  • Komponen Rem Cakram

Komponen Rem CakramAda beberapa komponen rem cakram yang perlu kita ketahui nama dan pengertian, serta fungsinya. Sebagai berikut:

1. Disc Brake / Piringan rem

tromol atau piringan rem mobil rotor disc brake piringan rem ...
Komponen pertama pada rem cakram adalah disc brake atau piringan rem. Fungsi piringan adalah sebagai media yang digunakan untuk penekanan dari kampas rem agar dapat menimbulkan efek braking. Piringan rem ini berbahan baja karena komponen ini memang harus menahan panas yang dihasilkan dari gesekan yang terjadi dari kampas pada saat proses pengereman. Piringan rem memiliki dua jenis.

Ventilated Disc, memiliki lubang disekitar piringan dan biasanya memiliki bentuk yang lebih tipis. Lubang ini akan dimaksimalkan demi proses pendinginan piringan yang panas akibat gesekan. Jenis Ventilated disc ini kebanyakannya diaplikasikan pada rem cakram sepeda motor.

2. Kampas Rem
Cara Gampang Cek Kondisi Kampas Rem Motor, Gak Usah Pakai Nunduk ...
Brake pad atau Kampas rem merupakan komponen yang berfungsi untuk menekan piringan rem tatkala proses pengereman dilakukan. Demi menghasilkan pengereman yang maksimal, kampas rem harus mempunyai gaya gesek yang besar dan dapat harus dapat menahan panas. Kampas rem dulunya terbuat dari bahan asbes,namun ketika penggunaan asbes pada komponen otomotif dilarang karena debu asbes sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Maka dari itu, saat ini bahan yang marak digunakan adalah paduan keramik dengan serbuk besi. Bahan tersebut lebih ramah lingkungan serta gesekan yang dihasilkan menjadi lebih besar dengan panas yang wajar.

3. Caliper Rem
Part Rem Motor Ini Punya Julukan 'Pala Babi', Mengapa? | Otosia.com
Caliper rem adalah komponen pengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis yang akan menekan brake pad. Singkatnya fungsi rem cakram adalah mengubah tekanan hidraulik yang masuk ke kaliper menjadi gerakan mekanis untuk menjepit brake pad. Brake Caliper memiliki dua jenis yaitu


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar