Cari Blog Ini

Tips Dan Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Semua pabrik motor yang ada di Indonesia seolah berlomba-lomba memasarkan motor maticnya seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki.  namun seperti kita ketahui menggunakan motor matic membutuhkan perawatan khusus.
Perawatan Motor matic sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat motor bebek. seperti halnya motor Bebek  Motor matic memang butuh perawatan khusus dari sang pemilikinya.

1.  Memanaskan Motor Setiap Hari
Cara Benar Memanaskan Motor yang Lama Tak Dipakai Agar Aki Tak ...
Memanaskan motor meruapakan cara yang biasa kita lakukan pada pagi hari sebelum menggunakan motor, hal ini dilakukan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal, panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut. jika sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas supaya oli cukup panas dari mesin motor.

2. Stabilkan Kecepatan Gas
Penyebab Utama Tarikan Gas Tidak Stabil - Otomotif Liputan6.com
Tips kali ini biasanya sering dilakulan oleh pengguna motor matik yakni  Saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin. dengan kecepatan yang tidak stabil buka hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada Fan Belt motor, untuk sobat yang belum tahu apa itu Van Belt, van Belt sendiri seperti halnya rantai pada motor bebek atau sport hanya saja terbuat dari karet, usahakan ganti 3 tahun sekali untuk meminimalisir vantbelt putus dijalan.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin
Ketahui Seberapa Isi Bensin Motor Disebut Penuh
Tips Dan Cara Merawat Motor Matic selanjutnya Kebanyakan dari kita pastinya mengisi bahan bakar pada saat bahan bakar mau habis, namun parahnya banyak pengguna motor matic yang sampai kehabisan bahan bakar, entah apapun alasannya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan sangat tidak baik untuk mesin, usahakan selalu motor matic sobat jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer, dan usahakan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut. dengan motor sering mogok karena kekurangan bahan bakar tentunya akan sangat tidak baik.

4. Rutin Ganti Oli
Jarak Ideal Ganti Oli Mesin Motor - Otomotif Liputan6.com
Perawatan yang satu ini sangatlah penting dan merupakan perawatan wajib Untuk jadwal pergantian oli biasanya motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. jika sobat sulit menghitung dengan speedometer maka sobat bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 – 3 bulan sekali, jangan lupa juga gunakan oli yang lebih condong ke spesifikasi motor matic, dengan mengganti oli berkala pastinya akan menjaga performa mesin.

5. Perawatan AKI
Cara Merawat Aki Motor Biar Nggak Cepat Soak – MOTORUPDATE
Memang sangat sulit untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada  motor matic, pastinya pengguna motor matic pernah mengalami motornya mengalami Mati AKI, dengan matinya aki motor pastinya sobat akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, yang jelas pastinya saat sobat mau menghidupakan motor harus menggunakan kick starter pastinya akan sedikit repot jika matic yang sobat gunakan memiliki bobot yang besar, maka sedikit saran sobat bisa menggnati AKI dalam 7-8 bulan setelah penggantian terahir.

6. Periksa Vantbel Dan Roler
Sebelum Putus di Jalan, Begini Cara Periksa Kondisi V-Belt Motor ...
Tips Dan Cara Merawat Motor Matic selanjutnya Van Belt sendiri seperti halnya rantai pada motor bebek atau sport hanya saja terbuat dari karet, akan sangat tidak mengasikan apabila sobat mengalami putusnya vant belt di jalan, karena secara otomatis pastinya motor tidak bisa melaju, karena pentinya vant belt maka sangat kami anjurkan sobat melakukan penggantian berkala untuk menghidari hal tersebut, jangan lupa selal gunakan Sukucadang yang Original sehingga membuat  matic sobat terjamin. jika servis motor maka selalu tanyakan kondisi vantbel dan roler

7. Servis Berkala
Service Motor Pertama Kali, Komponen Apa Saja yang Diperiksa ...
Tips Dan Cara Merawat Motor Matic yang terahir Biasanya pada servis berkala motor matic adalah untuk penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menset motor, kami anjurkan sobat untuk menanyakan menggenai Aki apakaha masih layak, Vantbel dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika sobat menggunakan suku cadang yang original ketimbang menggunakan yang murah namun kualitasnya masih dipertanyakan, lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali menjaga performa motor matic sobat.

Menggendari motor matic pastinya memberikan keasikan berkendara yang lebih dibandingkan jika kira menggunakan motor  bebek, seperti kita ketahui perawatan motor matik itu gampang-gampang sulit salah satu yang wajib tentunya adalah servis berkala di merchant-merchant khusus untuk Tips Dan Cara Merawat Motor Matic, selain itu biasanya setelah 5 tahun peforma mesin dan komponen akan menurun selain itu akan sangat tepat apabila sobat ngeupgrade alias mengganti sepeda motor dengan yang baru tentunya setiap 5 tahun sekali karen setelah 5 tahun bisanya motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya akan menurun.

semoga bermanfaat (:

Postingan Populer