Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Jangan Bermalasan Merawat Motor, Ini Dampaknya

JANGAN SAMPAI MALAS MERAWAT MOTOR, 5 HAL INI DAMPAKNYA




Sebagai sebuah bahan yang wajib ada di kendaraan, hadirnya oli berkualitas di sepedah motor bisa dibilang sangatlah penting. Pasalnya, dengan adanya pelumas bermutu motor kalian akan lebih awet. Sebab, oli yang bagus bisa mengurangi gesekan antar komponen ruang di mesin. Lalu, juga dapat membersihkan dan melindungi komponen mesin agar tidak cepat aus. Terbayang bukan, jika sampai kalian salah memilih oli?

Lebih jauh tentang oli untuk motor, ternyata selain memilih yang berkualitas. Mengantinya secara rutin juga penting lho. Jangan sampai setahun atau tiga bulan baru ganti, bisa-bisa tunggangan tercinta alami pensiun dini ya. Atau, malah merasakan beberapa nestapa seperti di ulasan berikut ini:
1. Rasa Nyaman Kendaraan Akan Hilang 100%
Ketika mengemudi motor, apa pernah kalian mengalami kendaraan yang tidak senyaman biasanya? Contohnya adalah getaran yang sangat amat terasa pada bagian mesin. Ya, itu merupakan salah satu indikasi dari oli motormu tidak rutin untuk diganti. Seperti yang telah disinggung di awal tadi, fungsi oli adalah untuk pelumas mensin.

Apabila sampai berkurang volumenya atau kotor lantaran jarang diganti, maka akibatnya gesekan antar mesin akan lebih besar. Itu artinya, akan menyebabkan mesin kendaraan bekerja ekstra keras. Kalau sudah begitu siap-siap saja, motormu berasa seperti sudah berumur puluhan tahun. Pasalnya, beberapa komponen tidak bekerja normal sesui fungsinya.
2. Suhu Kendaraan Akan Cepat Panas
Tidak hanya dampak tadi saja, oli yang lama tidak diganti juga bisa menimbulkan efek samping lain untuk mesin motor. Salah satunya selain bikin gesekan keras antar mesin, juga bisa membuat overheating atau panas yang berlebihan. Seperti kita ketahui oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin.

Kalau ketika volumenya berkurang tidak segera mendapatkan perhatian, lama-lama komponen yang ada pada mesin akan mengalami kerusakan. Contohnya adalah kepala silinder yang berfungsi sebagai tempat pembakaran akan melengkung. Jadi, masih mau enggak ganti oli mesin? Atau pilih ganti motor baru saja.
3. Menjadikan Mesin Berumur Pendek
Selain dua dampak di atas, ternyata ada lagi nih yang lebih gawat. Hal yang akan terjadi jika oli tidak diganti secara rutin adalah usia mesin yang berusia lebih pedek. Pasalnya, diam-diam ternyata oli mempunyai andil besar untuk ketahanan jangka panjang sebuah mesin.

Fungsinya yang berguna untuk melindungi mesin bakal terkubur begitu saja kalau dibiarkan kotor dan berkurang dari waktu ke waktu. Kalau mesin rusak, kalian akan merogoh kocek sampai menguras isi dompet karena biayanya yang jauh dari kata murah murah.
4. Motor Tiba-Tiba Mati
Mengalami motor yang tiba-tiba mati di jalan itu adalah hal sangat menyebalkan. Apalagi waktu keadaan itu kita tengah dituntut harus menghadiri sebuah acara dengan tepat waktu. Mau dibawa ke bengkel, motor malah enggak bisa didorong sedikitpun.

Ban tidak mau berputar baik maju ataupun mundur. Hal tersebut dinamakan piston ngancing. Peristiwa itu terjadi karena oli sudah habis dan mengalami panas yang berlebihan. Salah satu jalan untuk mengatasi hal ini ya harus dibawa ke bengkel.
5. Turun Mesin Juga Jadi Dampak Tidak Ganti Oli Rutin
Risiko yang harus diterima pemilik motor kalau tidak rutin mengganti oli adalah turun mesin. Ini disebabkan karena mesin yang sudah rusak akibat oli tak diganti telah menjalar ke komponen yang lain.

Jadi jika ingin motornya kembali seperti semula wajib melakukan yang namanya turun mesin. Proses ini bakal menghabiskan biaya yang besar dan membutuhkan waktu lama untuk pengerjaannya. Sehingga para pemilik motor wajib ganti oli secara rutin biar enggak mengalami yang namanya turun mesin.

Itulah efeknya kalau bermalasan merawat moto. Kalau masih malas merawat motor risikonya harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Pasti kalian tidak mau ini terjadi kan? Jadi sayangilah kendaraan kalian mulai sekarang ya. Jangan mau memakai saja tanpa merawatnya. Cukup dengan servis secara rutin, motor kalian tidak akan mengalami kerusakan kok.
Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat:)


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar