Cari Blog Ini

Kerugian Saat Menahan Gas Motor Matic saat Jalan Menanjak

Banyak dari pengendara motor yang masih salah dalam menggunakan motor, alhasil beberapa part menjadi tidak awet atau rusak. Seperti halnya kampas ganda pada motor matic yang habis tidak rata, ternyata penyebab utamanya gaya berkendara yang salah.

Habisnya kampas ganda motor matic disebabkan oleh pengendara yang sering menahan gas saat kondisi jalan menanjat dan padat. Sementara itu fungsi dari kampas ganda pada motor matic untuk membantu motor matic jalan, dengan kata lain kampas kopling ganda lah yang menyalurkan sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

Cara kerjanya menggunakan gaya sentrafugal dengan menyalurkan tenaga dan tergantung dengan putaran mesin. Dimana kampas ganda dengan mangkok kopling saat motor dalam keadaa renggang saat motor masih belum digas.

Dan sliding shave akan menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar saat motor digas.

Dengan begitu jika gas terus ditahan saat kondisi macet maka kampas ganda motor matic tidak menggigit dengan sempurna. Biasanya kampas ganda depan akan lebih dulu termakan, efek yang akan kalian rasakan adalah kurang nyamannya akselerasi kendaraan.

Hal yang seharusnya kalian lakukan dalam menyambut jalan menanjat yang macet adalah menahannya dengan rem depan atau belakang, atau  bisa memanfaatkan fitur brake lock yang dterdapat pada motor matic di bagian rem sebelah kiri.




Postingan Populer