Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

As Roda Belakang Motor Matic Macet, Ini dia Pemicu Dan Cara Mengatasinya

AS RODA BELAKANG MOTOR MATIC MACET, INI PEMCU DAN CARA MENGATASINYA



As roda belakang motor matic macet sering dialami oleh sebagian pengendara motor. Menjadi hal yang mengganggu memang, karena akan mengurangi kenyamanan bahkan keamanan dalam berkendara. Awalnya Anda akan merasa kesulitan dalam melakukan standar tengah. Roda belakang ketika diputar pun akan terasa berat. Sebagai pengguna kendaraan roda dua, terutama motor matic, kejadian tidak mengenakan semacam ini haruslah dihindari. Maka dari itu, pemicu dan cara mengatasinya penting untuk diketahui.

Pemicu As Roda Belakang Motor Matic Macet
Sebenarnya, pemicu utama dari as roda belakang motor matic yang macet ini adalah tingkat perawatan yang diberikan. Jika motor matic selalu diperhatikan kondisi mesin dan fiturnya, tidak akan mengalami kerusakan semacam ini. Sebagai bentuk pencegahan, alangkah baiknya jika motor matic selalu diservice secara berkala. Berikut ini rangkuman yang kami berikan terkait pemicu terjadinya as roda belakang matic yang macet.
 ➱Kondisi Mur

Hasil gambar untuk Kondisi Mur

Sebagai ahli otomotif, pasti sudah banyak yang tahu apa itu mur pada sepeda motor. Mur sendiri merupakan sebuah pengikat yang mempunyai lubang berulir. Fungsi dari mur, sebagai pengikat suku pada mesin motor. Dalam menjalankan fungsinya, mur tidak bekerja sendiri, melainkan memiliki pasangan yaitu baut. Sebagai pendukung adanya mesin penggerak pada motor matic, mur telah dipadupadankan dengan kinerja dari mangkuk kopling. Namun, ketika mur tidak bekerja sebagaimana mestinya, akan menimbulkan masalah pada mangkuk kopling.

Seperti mur yang tiba-tiba mengunci sehingga mengakibatkan kampas kopling menempel dengan mangkuk kopling.Jika kedua bagian tersebut menempel, maka akan menghasilkan gesekan yang besar hingga terjadi susut. Inilah yang menjadi pemicu awal as roda belakang motor matic macet.

 ➱Fisik Mangkuk Kopling

Hasil gambar untuk Fisik Mangkuk Kopling

Selain kondisi mur, pemicu kedua adalah kenampakan mangkuk kopling yang sudah tidak layak untuk digunakan. Semisal dipaksakan untuk terus digunakan, maka akan sangat mempengaruhi kinerja dari mangkuk kopling itu sendiri. Tindakan yang cepat harus dilakukan agar kerusakan tidak menjalar ke ban belakang. Jika sudah terlanjur, maka tidak heran jika as roda belakang motor matic macet.

 ➱Gaya Berkendara

Hasil gambar untuk Gaya Berkendara

Ternyata as roda belakang matic yang macet  juga disebabkan dari cara mengendarai motor yang kurang baik. Seperti  menarik pengungkit gas secara mendadak dan tergesa-gesa saat suhu mesin belum stabil. Perlakuan semacam inilah yang kemudian menyebabkan kondisi mangkuk kopling menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Cara berkendara seperti ini harus dihindari agar tidak mengganggu kinerja dari mangkuk koplingnya.

 ➱Kampas Kopling

Hasil gambar untuk Kampas Kopling

Pemicu as roda belakang matic yang macet selanjutnya juga dipengaruhi kondisi dari kampas kopling. Semakin motor matic sering digunakan, maka kampas kopling akan cepat menipis.
Faktor yang menyebabkan kampas kopling mengalami penyusutan karena besarnya tenaga standar yang diterima. Akibatnya kemampuan kampas kopling untuk mengunci mangkuk kopling menjadi berkurang.

Cara Mengatasi As Roda belakang Motor Matic Macet
Jika as roda belakang matic sudah macet, cara terbaiknya adalah dengan memberikan perbaikan. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Cara ini terbilang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah jika tidak ingin pergi ke bengkel.
Cara pertama, cukup dengan mengganti satu set kampas koplingnya saja. Agar menghemat pengeluaran, tidak perlu membeli bersama rumah koplingnya. Sebelum dipasang pada motor matic, Anda pastikan terlebih dahulu kondisi kampas kopling yang hendak dibeli. Pastikan per sepatunya dalam keadaan yang baik dan kuat. Jika membeli kampas kopling yang lemah, itu percuma saja, tetap akan menyebabkan as roda belakang motor matic macet.

Cara kedua, memastikan penggunaan per dapat menghasilkan putaran roda belakang dengan respon yang cepat. Ini dilakukan saat anda menginginkan hasil putaran mesin sebesar 1.750 rpm.
Gunakan per kopling yang lembut dan jangan menggunakan yang kasar. Jika menggunakan per kopling yang kasar, maka roda belakang akan telat berputar dan mengakibatkan macet.

Cara ketiga, yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan per sepatu kopling dapat terhubung ke roda belakang. Agar mampu terhubung ke roda belakang, maka putaran mesin yang dihasilkan sebesar 2.000 rpm. Saat roda belakang berputar dengan standar putaran mesin yang sesuai, maka dijamin as roda belakang motor matic macet dapat dihindari.


Nah sekian ulasan untuk hari ini. Semoga postingan-postingan kami selalu bermanfaat bagai semua:)


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar