Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Penyebab Starter Elektrik Ngadat

Pernah tidak kalian merasa jengkel karena motor tiba - tiba di starter tidak menyala? Pastinya pernah dong, kali ini kita mau mengulas tentang penyebab starter elektrik ngadat.



Elektrik starter di motor matik mendadak tidak berfungsi bisa jadi karena hal sepele. Kalau dilengkapi dengan kick starter, masih bisa diabaikan untuk sementara waktu.

Namun jangan khawatir, penyebab elektrik starter tidak berfungsi bisa diatasi dengan mudah. Untuk motor yang usianya masih terbilang muda atau dibawah 3 tahun, bisa jadi hanya karena tumpukan kotoran di switch rem atau standar sampingnya.

Sebab, komponen tersebut berfungsi sebagai pemutus arus elektrik starter dan akan membuat mesin tidak bisa distarter jika masih aktif.

Saat saklar standar samping atau switch rem bermasalah, ciri - cirinya adalah elektrik starter tidak respon sama sekali. Solusinya pun hanya perlu bersihkan saklar atau switch tersebut hingga bersih dengan cairan penetran.

Seandainya memang saklar tersebut rusak dan perlu dipakai dalam keadaan darurat, alternatifnya bisa dilepas dulu dari soketnya supaya elektrik starter bisa dipakai.

Jika dimatikan, kekurangannya motor bisa dinyalakan tanpa menekan rem dan mesin tetap hidup meskipun standar samping masih aktif.

Penyebab lain elektrik starter mati juga bisa disebabkan oleh aki atau dinamo starter yang lemah, tombol elektrik starter yang kotor atau ada sekring yang putus di motor.

Itu tadi ulasan mengenai penyebab starter elektrik ngadat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa rawat secara berkala motor Anda.





Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar